Cara Tepat Menghadapi Teman yang Sok Tahu

Cara Tepat Menghadapi Teman yang Sok Tahu

300
0
SHARE
Source : girlslife.com

Ngaku deh, siapa sih yang tidak sebal ketika memiliki teman yang sok tahu? Biasanya, tipe teman seperti ini akan selalu ingin ikut berpartisipasi ketika kamu sedang ngobrol tentang apapun. Dia akan jadi orang yang selalu tahu semuanya, padahal mungkin saja dia tidak tahu secara mendalam. Memang sih, teman seperti ini pasti menyebalkan. Tapi haruskah kita meninggalkan mereka?

Di bawah ini, kami akan memberikan sedikit tips buat kamu yang memiliki teman dengan tipe sifat sok tahu. Dilansir dari All Women Stalk, beginilah caranya :

Kurangi perhatian
Ada yang bilang, teman yang sok tahu sebenarnya hanya ingin mendapatkan perhatian. Tidak perlu langsung acuh ketika dia mulai sok tahu, tapi kurangi saja perhatian kamu. Karena, kalau kamu semakin memperhatikan atau menanggapi apa yang dia omongkan, biasanya dia akan makin menjadi-jadi lho.

Tidak berhasil? Abaikan
Kalau cara di atas tidak juga berhasil membuat teman kamu mengurangi kebiasaan sok tahunya, mungkin kamu bisa mengabaikan sejenak. Cara ini biasanya sukses membuat mereka yang terbiasa sok tahu jadi terdiam dan merasa bahwa apa yang mereka katakan tidak berhasil membuat kamu memperhatikan mereka.

Tanyakan baik-baik
Sebenarnya, sifat sok tahu yang dilakukan seseorang juga dilandasi oleh faktor tertentu. Mungkin dia memang butuh perhatian kamu. Nah, kamu bisa kok mengajak dia bicara dari hati ke hati lalu menanyakan mengapa dia melakukan kebiasaan seperti itu. Mungkin dia tidak percaya diri, mungkin juga dia memiliki masalah lain.

Menghindar?
Kalau kamu sudah coba untuk mendekatinya secara baik-baik dan tidak ada perubahan, kamu bisa agak menjauh kok. Memang ini terlihat jahat, tapi setidaknya ini akan membuat dia makin sadar bahwa yang dia lakukan tidak benar sepenuhnya.Walaupun begitu, jangan langsung menjauh dari dia ya. Agak jaga jarak saja.

Ucapkan kenyataannya
Jadi misalkan situasinya dia mulai berulah dengan bilang ini itu tentang satu hal yang sebenarnya kamu lebih tahu. Ini adalah kesempatan untuk membuatnya bungkam dan mengurangi sifat sok tahunya. Kamu bisa kok mengucapkan kenyataannya, meluruskan pernyataan dan memberi penjelasan asli. Dengan begitu, dia akan merasa bahwa yang dia lakukan tidak baik.

Bicara frontal
Ada kalanya, kamu harus bicara terbuka bahwa kamu tidak nyaman dengan sifat teman kamu yang sok tahu. Ini bisa jadi teguran keras untuk dia. Dengan begitu, dia akan mulai introspeksi diri dan semoga tidak mengulangi kebiasaan yang sama lagi.
AFT141010

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY