3 Ide Puisi Tema Persahabatan

3 Ide Puisi Tema Persahabatan

312
0
SHARE
Source image: google

Menulis puisi merupakan aktivitas yang cukup ringan. Hanya berputar pada seputar mencari ide, menuliskan, mengoreksi, jadilah puisi sesuai dengan keinginan kita. Meski kadang tidak sesuai dengan harapan kita, setidaknya kita sudah berusaha. Salah satu tema puisi yang paling banyak dipilih oleh remaja adalah puisi persahabatan.

Tema ini memang sangat dekat dengan remaja, makanya sering dipilih. Dan karena seringnya, banyak sekali puisi-puisi yang membahas sub tema yang sama dengan mengangkat masalah yang sama pula. Namun sebetulnya itu bukan masalah, yang terpenting adalah originalitas karya. Serta kreativitas penulisnya dalam membuat puisi menjadi ‘beda’.

Biar karya puisi persahabatan Anda tidak itu-itu saja, kali ini kita akan membahas sub tema puisi seputar persahabatan. Atau gampangnya, mencari ide puisi yang masih membahas seputar persahabatan. Berikut beberapa ide yang bisa Anda jadikan referensi :

1. Sosok sahabat.
Setiap pribadi, pasti memiliki sahabat tidak hanya satu. Bisa dua, tiga, empat, atau lebih. Anda dapat menjadikan setiap kepribadian sahabat Anda sebagai sumber ide dalam membuat puisi. Gali setiap keunikan pada sahabat Anda. Kemudian buatlah menjadi karya puisi. Menggunakan ide puisi seperti ini dapat Anda gunakan juga untuk memberikan hadiah sebuah karya kepada sahabat Anda. Yakin lah, mereka pasti senang dengan pemberian Anda.

2. Konflik.
Setiap hubungan persahabatan pasti sekali-kali memiliki konflik. Baik itu konflik yang berasal dari diri Anda atau sahabat Anda, atau pun berasal dari luar. Jadikan konflik tersebut sebagai ide dalam membuat puisi. Ingat lah kembali bagaimana tidak enak rasanya bertengkar dengan sahabat. Atau bagaimana perasaan Anda ketika sudah berbaikan dengan sahabat Anda. Atau ingat bagaimana suasana tiba-tiba menjadi kaku saat Anda dan sahabat Anda saling diam. Puisi seperti ini dapat Anda pergunakan untuk berbaikan dengan sahabat.

3. Pandangan subjektif penulis.
Menulis puisi persahabatan juga bisa berdasarkan pandangan subjektif Anda. Pandangan subjektif tentang persahabatan, bagaimana seharusnya hubungan persahabatan berjalan, atau kriteria sahabat yang baik di mata Anda. Meski berdasarkan pandangan subjektif, jangan abaikan seni membuat orang menyetujui pandangan Anda dalam membuat karya.

Itu lah tadi 3 sumber dalam membuat puisi persahabatan. Anda dapat kembangkan sendiri menjadi ide yang jauh lebih baik lagi. Sebab sebaik-baiknya ide adalah ide yang berasal dari pemikiran Anda sendiri. Atau kalau pun mendapat ide dari orang lain, ide tersebut diberi sentuhan kreativitas Anda. AFT141009

Temukan berbagai kabar terkini seputar dunia wanita mengenai health, beauty, fashion, kuliner, relationship, inspiration, mom, kids, juga lifestyle dan entertainment. Hanya di kabarfemale.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY