Pemanfaatan Listrik Tenaga Surya di Indonesia Berpotensi untuk Kebutuhan Masa Depan

Pemanfaatan Listrik Tenaga Surya di Indonesia Berpotensi untuk Kebutuhan Masa Depan

87
0
SHARE
SANKELUX – Pernahkah Anda mendengar apa itu pembangkit listrik tenaga surya? Pembangkit listrik tenaga surya merupakan pembangkit listrik yang mengubah energi surya (matahari) menjadi energi listrik. Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini tentu listrik menjadi kebutuhan utama, namun tidak banyak orang yang menyadari aspek dari penggunaan listrik yang berlebihan.
Tanpa Anda sadari dalam satu hari penuh umumnya seseorang membutuhkan listrik sejak bangun tidur sampai tidur lagi. Kebutuhan dan penggunaan yang tidak akan ada habisnya ini manusia membangun berbagai macam pembangkit listrik untuk menyuplai kebutuhan mereka. Salah satunya pembangit listrik tenaga surya ini.
Indonesia telah menerapkan perkembangan pembangkit listrik tenaga surya sejak tahun 80an. Indonesia berada di garis katulistiwa dengan sinar matahari yang cukup sehingga negara ini memiliki potensi tenaga matahari dikembangkan menjadikan bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Surya.
Untuk menghasilkan listrik tenaga surya, sinar matahari diserap oleh panel-panel tenaga surya yang akan disimpan sebelum diolah pada proses selanjutnya. Pada saat proses pengolahan ini secara umum energi surya dapat dimanfaatkan berdasarkan 3 jenis, berupa:
  1. Pemanfaatan dengan menggunakan teknologi solar photovoltaic, yaitu sinar radiasi matahari dapat diubah menjadi listrik dengan teknologi sel fotovoltaik atau sel surya.
  2. Pemanfaat dengan teknologi solar heat, yaitu panas matahari diubah menjadi listrik dengan teknologi pengumpulan panas.
  3. Pemanfaatan solar passive, yaitu energi matahari dimanfaatkan tanpa langsung mengkonversi energi tersebut menjadi listrik dalam penerapannya.
Dari ketiga jenis di atas, pembangkit listrik tenaga surya yang sekarang berkembang di Indonesia, lebih banyak menggunakan sel surya untuk menghasilkan listrik. Dimana hal tersebut tertera pada jenis yang pertama dari ketiga jenis yang sudah disebutkan di atas.
Pengembangan pembangkit listrik tenaga surya ini dapat digunakan pada setiap rumah. Caranya, Anda dapat memasang panel surya yang berukuran kurang dari 10 meter persegi di atap rumah. Untuk harga listrik tenaga surya 500 watt, Anda akan dikenakan biaya kurang lebih Rp5.800.000. Harga ini cukup terjangkau bilamana Anda hubungkan dengan pemanfaatan listrik tenaga surya yang berpotensi untuk masa depan. Namun, jika menurut Anda harga listrik tenaga surya 500 watt cukup kemahalan, kamu dapat mencoba dengan ukuran 100 watt.

Temukan berbagai kabar terkini seputar dunia wanita mengenai health, beauty, fashion, kuliner, relationship, inspiration, mom, kids, juga lifestyle dan entertainment. Hanya di kabarfemale.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY