Tips Keluarga Harmonis: Pentingnya Menghargai Perbedaan

Tips Keluarga Harmonis: Pentingnya Menghargai Perbedaan

131
0
SHARE

Rajanego—Tuhan menciptakan manusia begitu beragam dengan perbedaan, tujuannya adalah tak lain untuk saling melengkapi. Tidak ada manusia sempurna di dunia ini. Namun perbedaan justru lebih sering menimbulkan gesekan perselisihan, apalagi dalam kehidupan rumah tangga yang sudah terjalin bertahun-tahun. Untuk itulah kali ini kita akan membahas tips keluarga harmonis tentang pentingnya menghargai perbedaan. Sebagai manusia yang berbeda secara fisik dan pemikiran, seorang lelaki dan perempuan sangat wajar jika memiliki perbedaan pendapat. Jangankan pendapat, bahkan mungkin selera dan juga hal lainnya.
Berikut adalah beberapa tips keluarga harmonis yang dapat Anda coba terapkan:

  1. Tips keluarga harmonis: Toleransi dan tenggang rasa

Masih ingatkah Anda saat jaman SD dulu dengan mata pelajaran PPKN, disitu Anda tentunya tidak lupa dengan materi pentingnya toleransi dan tenggang rasa. Dua hal ini bukan sekedar pelajaran yang kemudian kita tinggalkan tapi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari hingga kita dewasa termasuk dalam kehidupan rumah tangga Anda saat ini. Untuk itu tips keluarga harmonis yang satu ini wajib Anda terapkan, karena dengan toleransi dan tenggang rasa akan selalu menciptakan suasana rumah yang damai tanpa perselisihan.

  1. Tips keluarga harmonis: menumpulkan perbedaan dengan maksimal

Mungkin Anda bertanya bagaimana bisa perbedaan disatukan? Memang tidak bisa disatukan, tapi perbedaan bisa kita jadikan sebagai sarana untuk saling melengkapi kekurangan masing-masing. Memperuncing perbedaan dan menebalkan ego hanya akan menipiskan kerukunan dalam kehidupan rumah tangga Anda. Oleh karena itu tips keluarga harmonis ini juga patut Anda terapkan di tengah lingkungan keluarga Anda. Dengan begitu perbedaan bukan lagi masalah yang kerap menimbulkan pertengkaran.

  1. Tips keluarga harmonis: tidak sama bukan berarti lawan

Kehidupan memang tidak lepas dari kompetisi, manusia ditakdirkan dengan potensi dan sikap mempertahankan dan mengembangkan potensi masing-masing. Meskipun sudah bersama-sama, terkadang dalam kehidupan rumah tangga kompetisi juga selalu ada. Tak jarang jika perbedaan justru menjadikan suami dan istri bertikai bahkan menjadi seperti lawan yang saling mempertahankan pendapat masing-masing agar dianggap menang.

Percayalah perbedaan bukan berarti menjadikan Anda lawan apalagi musuh, justru karena berbeda itulah Anda berdua seharusnya memiliki suasana rumah yang menyenangkan karena Anda berdua mampu untuk saling mengisi dan menciptakan keharmonisan. Maka dari itu tips keluarga harmonis ketiga ini juga sangat wajib untuk Anda aplikasikan dalam kehidupan rumah tangga Anda.
BFR15020112

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY