Tanda-tanda Wanita Hamil dan Gejalanya

Tanda-tanda Wanita Hamil dan Gejalanya

289
0
SHARE
© infographicsarchive

KabarFemale—Tanda tanda wanita hamil bisa berbeda pada tiap individu. Bagi wanita yang memiliki siklus bulanan yang teratur, tanda kehamilan yang paling awal adalah menstruasi yang tidak terjadi. Wanita yang hamil kadang mengalami menstruasi yang sangat ringan, hanya sedikit sekali darah yang keluar.

Yang perlu Anda ketahui tentang tanda tanda wanita hamil

Setiap wanita berbeda dan tidak semua wanita akan mengalami gejala kehamilan ini. Tanda tanda wanita hamil pertama adalah berupa rasa lelah. Wajar saja bila Anda merasa lelah selama hamil terutama pada 12 minggu pertama. Perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh pada masa ini bisa membuat Anda capek, mual, emosional, dan jengkel.

Anda juga akan merasa tidak enak badan dan mual serta muntah. Ini dikenal dengan istilah morning sickness, tapi meski menggunakan istilah “morning,” kondisi ini bisa terjadi kapan saja baik di pagi, siang, atau malam hari.

Sekitar setengah dari jumlah wanta hamil mengalami mual dan muntah, dan sekitar 3 dari 10 wanita mengalami mual tanpa muntah. Pada kebanyakan wanita yang mengalami morning sickness, gejalanya mulai terasa pada minggu ke-6 setelah menstruasi terakhir.

Hubungi dokter bila Anda merasa tidak enak badan sepanjang waktu dan tidak bisa beraktifitas. Kondisi kehamilan yang disebut hyperemesis gravidarum (HG) merupakan kondisi serius yang menyebabkan muntah parah dan diperlukan pengobatan.

Selanjutnya, payudara Anda menjadi lebih besar dan terasa sakit, seperti pada saat sebelum menstruasi. Urat darah halus pada payudara akan terlihat dan puting menjadi gelap dan lebih menonjol. Anda juga merasa ingin buang air kecil lebih sering dibanding biasanya, termasuk di malam hari.

Tanda kehamilan lain yang mungkin Anda alami:

  • Konstipasi
  • Peningkatan kotoran vaginal tanpa rasa sakit atau iritasi.

Selama awal kehamilan, Anda menjadi lebih sensitif terhadap bau. Mungkin Anda tidak lagi menyukai makanan atau minuman yang sebelumnya sangat Anda gandrungi. Yang juga Anda rasakan:

  • Ada rasa aneh di mulut seperti rasa metalik
  • Anda ngidam makanan tertentu
  • Anda tidak berselera pada makanan dan minuman tertentu yang sepelumnya Anda sukai seperti teh, kopi, atau makanan berlemak
  • Anda lebih sensitif terhadap bau makanan atau masakan.

Bila hasil tes kehamilan di rumah menunjukkan hasil negatif sedangkan Anda merasa sedang hamil, tunggu satu minggu dan coba tes lagi atau segera periksakan diri ke dokter.

 

BFI150203

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY