Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Menghadapi Masalah

Yang Harus Anda Lakukan Saat Pasangan Menghadapi Masalah

232
0
SHARE
source : bhssolutions.com

KabarFemale− Masalah bisa datang kapanpun dan dimana pun. Juga kepada siapa saja. Masalah bisa datang tanpa terduga sebelumnya. Masalah ibarat ombak yang tiba-tiba datang di laut yang sebelumnya tenang. Oleh karena itu, kita senantiasa dituntut untuk siap siaga menerima dan menghadapi masalah. Setidaknya siap secara mental dalam menghadapi kemungkinan hadirnya masalah.

Kesiapan dalam menghadapi masalah tidak hanya bagi diri Anda sendiri. Anda juga harus siap menghadapi masalah yang akan terjadi kepada orang-orang terdekat Anda. Terutama masalah yang menimpa pasangan Anda. Anda dan pasangan merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. Apalagi jika Anda dan pasangan Anda sudah menikah. Masalah pribadi menjadi masalah yang harus dihadapi bersama.

Menghadapi masalah sendiri dengan masalah pasangan tentu berbeda. Jika ketika menghadapi masalah pribadi Anda memiliki posisi sebagai pelaku utama. Namun ketika menghadapi masalah pasangan, Anda menjadi pelaku pendamping. Tugas Anda ialah mendampingi pasangan dalam menghadapi masalah yang sedang terjadi. Berikut ini hal yang harus Anda lakukan ketika pasangan Anda sedang ada masalah:

  1. Beri dukungan. Dukungan psikologis merupakan hal yang sangat diperlukan dalam menghadapi masalah. Dengan memberikan dukungan, setidaknya Anda menambahkan kekuatan kepada pasangan dalam menghadapi masalah. Saat pasangan Anda merasa akan segera menyerah, Anda hadir menjadi alasan baginya untuk terus bertahan. Dukungan Anda adalah kekuatan eksternal untuk bertahan atau bangkit menghadapi masalah yang tengah pasangan Anda hadapi.
  2. Jadilah tempat paling nyaman bagi pasangan. Jadilah orang yang paling dicari oleh pasangan Anda saat ia menghadapi masalah berat. Karena jika Anda adalah orang pertama yang ia cari ketika dalam masalah, berarti ia merasa nyaman dengan Anda. Jadilah tempat pasangan berteduh dari panasnya masalah yang sedang dihadapi.
  3. Ciptakan waktu beristirahat dari memikirkan masalah yang sedang pasangan Anda hadapi. Jika pasangan Anda seakan sudah akan meledak karena masalah yang ia hadapi, ciptakan waktu agar ia beristirahat. Mintalah ia berhenti memikirkan masalah yang sedang terjadi. Berikan pundak Anda sebagai tempat ia bersandar. Beristirahat dari aktivitas memikirkan masalah yang sedang pasangan Anda hadapi akan mengurangi tingkat stres. Saat tingkat stres berkurang, pasangan Anda bisa berpikir lebih jernih dalam menyelesaikan masalahnya.
  4. Beri ketenangan dan saran kepada pasangan dalam menghadapi masalahnya. Saat pasangan Anda kalut karena menghadapi masalah, tenangkan hatinya. Katakan bahwa masalah yang tengah ia hadapi memang besar dan berat. Namun masalah datang selalu dengan solusinya. Jadi tidak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan. Jika Anda mampu, berilah juga saran kepada pasangan Anda. Setidaknya, Anda lebih bisa berpikir dengan jernih dibandingkan pasangan Anda. Dengan begitu, pemikiran dalam mencari jalan keluar pun lebih mudah.
  5. Jangan tambah beban pikiran pasangan Anda. Kalau Anda tidak memiliki kemampuan untuk membantu meringankan beban pasangan, minimal Anda tidak menambah beban itu. Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam membantu menyelesaikan masalah, minimal Anda jangan menambah masalah bagi pasangan Anda.

 

 

AFR150901

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY