Tips Menjadi Orang Tua Menyenangkan

Tips Menjadi Orang Tua Menyenangkan

189
0
SHARE
Tips Menjadi Orang Tua Menyenangkan
source : indonesiawisata.info

 

KabarFemale– Memiliki anak yang baik, penurut dan mencintai orang tua memang sangat baik. Dan itu menjadi keinginan semua orang tua. Namun untuk mendapat anak yang manis, baik serta sangat mencintai orang tuanya, orang tua harus memulainya terlebih dahulu. Menanam terlebih dahulu, baru memanen hasilnya.
Salah satu caranya ialah dengan menjadi orang tua yang menyenangkan di mata anak. Orang tua yang menyenangkan dalam kondisi apapun. Dengan menjadi orang tua yang menyenangkan, anak tidak akan merasa segan kepada orang tua untuk bercerita masalah pribadinya. Sehingga orang tua tidak perlu pusing karena anak berusaha menyembunyikan masalahnya. Anak juga menjadi merasa sangat memiliki terhadap orang tua. Hal itu memang tidak mudah, namun bisa diusahakan.

Caranya ialah sebagai berikut:

  1. Selama itu positif, dukung anak melakukan apa yang ia suka. Kadang, ketika anak melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan orang tua, meski itu positif, orang tua akan melarangnya habis-habisan. Ini lah sebabnya mengapa anak menjadi enggan untuk terbuka kepada orang tua. Di mata anak, orang tua terkesan terlalu mengatur anak.
  2. Beri perhatian sesuai porsinya. Jangan terlalu berlebihan juga jangan sampai anak merasa tidak diperhatikan. Perhatian yang berlebihan akan membuat anak manja. Kurang perhatian membuat anak menganggap orang tua tidak sayang lagi padanya. Untuk menjadi orang tua yang menyenangkan bagi anak, semua harus sesuai pada porsinya. Termasuk dalam hal perhatian.
  3. Puji kelebihan atau kemampuan anak. Memuji kemampuan atau kelebihan anak akan membuat dia merasa dihargai. Keberadaan atau kehadirannya menjadi dianggap dengan adanya pujian. Tentu ini akan membuat kesan tentang orang tua di mata anak menjadi lebih baik.
  4. Ketika anak salah, nasihati, bukan memarahi. Memarahi anak saat dia melakukan kesalahan hanya membuat dia merasa orang tuanya jahat. Nasihat memang harus tegas. Tapi tegas bukan berarti harus marah.
  5. Jangan sampai menjadikan anak sebagai objek untuk meluapkan amarah. Jika tidak ingin anak menjadi tidak menyukai kehadiran orang tua, jangan pernah menjadikan anak sebagai objek pelampiasan. Misalnya sedang kesal atau marah karena masalah kerja, kemudian menjadikan anak sebagai sasaran kekesalan.
  6. Mengerti pada setiap tahap perkembangan usia anak dan dunianya. Dengan mengerti setiap perkembangan usia anak, orang tua akan dengan mudah mengambil hati anak. Akan lebih mudah jika orang tua juga memahami dunia seperti apa yang cocok dengan anak usia tertentu.

 

AFR150301

SHARE
Previous articleMenilik Manfaat dari Ketela
Next articleCantik ala Angelina Jolie
Gadis pecinta kesederhanaan. Karena hidup itu sederhana. Jadi jangan dibuat rumit dan berlebihan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY