Tips Agar Cepat Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Baru

Tips Agar Cepat Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan Baru

176
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale− Setiap orang akan mengalami perpindahan-perpindahan dalam hidupnya. Pindah tidak selalu berkaitan dengan ruang. Misalnya saja, dari bayi pindah menjadi anak-anak. Dari anak-anak pindah menjadi remaja. Dari remja pindah menjadi dewasa. Begitu seterusnya. Pindah juga bisa terjadi pada kepribadian kita. Yang awalnya pemurung menjadi periang. Yang awalnya penyendiri menjadi suka dengan keramaian. Kita juga seringkali dihadapkan pada perpidahan lingkungan yang mengharuskan kita untuk menyesuaikan diri.
Berkenaan dengan penyesuaian diri dengan lingkungan baru, dalam istilah Biologi disebut adaptasi. Jika kita ingin bertahan di lingkungan baru, kita diwajibkan beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut. Bila kita tidak bisa beradaptasi, besar kemungkinan kita akan terinjak-injak. Kecuali jika kita memiliki kemampuan untuk mengendalikan setiap lingkungan yang kita singgahi.

Bagi orang dengan tipe melankolis, urusan menyesuaikan diri bukanlah perkara mudah. Membutuhkan proses dengan waktu yang tidak sebentar. Di awal berada pada lingkungan baru, akan terjadi sedikit konflik, meski sekadar konflik batin. Oleh karena itu, penting sekali menyesuaikan diri dengan lingkungan bagi tipe kepribadian apapun. Beberapa tips menyesuaikan diri dengan lingkungan ini barangkali bisa membantu Anda yang sedang membutuhkannya:

1. Jangan sungkan berbicara dan bertanya. Sungkan atau malu berbicara dan bertanya hanya akan membuat Anda banyak melakukan kesalahan fatal di lingkungan baru tersebut. Sebagai orang baru, Anda tentu masih awam dengan kebiasaan dan aturan dalam lingkungan baru Anda. Oleh karena itu, buang rasa malu untuk bertanya.
2. Pelajari kebiasaan-kebiasaan di lingkungan baru Anda. Ingat, lingkungan baru yang tidak Anda kenal bisa jadi membawa bahaya bagi diri Anda. Oleh karena itu, di awal proses adaptasi Anda, Anda harus mempelajari kebiasaan dan aturan yang berlaku dalam lingkungan Anda. Ketika Anda tahu, Anda juga akan tahu bagaimana bersikap, bertindak dan bertutur kata dengan tepat di lingkungan baru Anda itu. Sikap, tindakan dan kata-kata Anda tidak akan menyinggung perasaan orang lain, apalagi menyakitinya.
3. Jadi lah orang yang terlalu banyak bicara daripada terlalu banyak diam. Ketika Anda sudah sedikit paham dengan kebiasaan serta aturan dalam lingkungan Anda, buang sikap pendiam Anda. Ganti dengan sikap banyak bicara yang sekiranya membuat orang-orang tertarik dengan sikap Anda yang akrab dan hangat.
4. Berpikir lah positif kepada setiap orang baru yang Anda jumpai. Dalam lingungan baru, Anda pasti akan berjumpa dengan orang-orang baru. Berpikirlah positif terhadap orang-orang baru yang Anda jumpai. Bahwa setiap orang pasti memiliki sisi baik di dalam dirinya. Meski demikian, Anda tetap tidak boleh mengabaikan kewaspadaan bila Anda menangkap firasat kurang baik ketika berjumpa dengan orang yang mencurigakan. AFR150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY