Tetap Akrab dengan Teman yang Sudah Menikah

Tetap Akrab dengan Teman yang Sudah Menikah

230
0
SHARE
© Shutterstock

RajaNego—Pernikahan memang impian semua orang yang masih jomblo. Pernikahan ibarat rumah impian masa depan yang diwarnai dengan kebahagiaan orang yang menjalaninya. Tapi pernikahan mengubah kehidupan seseorang secara drastis. Perubahan kebiasaan orang sehari-hari berbanding lurus dengan perubahan statusnya.

Orang yang sudah menikah jelas berbeda dengan orang yang masih menjomblo. Kalau masih sendiri, segala hal dikerjakan sendiri. Makan sendiri, cuci baju sendiri, tidur pun sendiri. Kalau sudah menikah, makan berdua atau bersama keluarga.

Cuci baju menjadi tugas istri. Tidur sudah ada teman. Namun perubahan orang menikah yang tak kalah pentingnya ialah dalam pergaulan. Apa yang terjadi dengan persahabatan Anda jika teman Anda sudah menikah?

Ketika teman belum menikah, Anda bisa dengan bebas mengajaknya ngumpul bersama. Tapi setelah menikah, kebiasaan itu ditinggalkan. Jika sebelumnya teman Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain di rumah Anda, itu sudah tidak mungkin lagi dilakukan setelah menikah.

Namun bagaimana pun, hubungan persahabatan harus tetap berjalan. Walaupun mungkin tidak seperti dulu lagi. Agar hubungan persahabatan dengan teman yang sudah menikah tetap baik, ini yang harus Anda lakukan:

1. Harus kenal baik dengan suami atau istri teman. Kalau Anda memang sahabat baik teman Anda, kenal pada suaminya tentu sudah sewajarnya. Namun untuk bisa akrab seperti Anda akrab dengan teman Anda itu, Anda harus menjalin komunikasi yang baik jauh sebelum teman Anda menikah.

Sehingga setelah menikah, Anda tidak hanya menjalin persahabatan dengan teman Anda, tetapi juga dengan suami/ istrinya. Dengan begitu, Anda tidak hanya mempertahankan hubungan Anda dengan teman. Tapi sekaligus menambah teman.

2. Sekali-kali tanyakan kabar teman Anda itu dan pernikahannya. Kesempatan untuk ngumpul bersama yang jelas tidak akan sesering dulu sebelum menikah. Ketika ada waktu senggang, tanyakan kabar teman Anda itu via telepon. Terutama ketika dia tidak memberi kabar dalam waktu lama. Jika tidak terkesan ikut campur, Anda bisa juga bertanya kabar pernikahan mereka. Misalnya, sudah memiliki momongan apa belum.

3. Main lah ke rumahnya di saat senggang atau hari libur. Dua atau tiga bulan sekali, Anda sempatkan bermain ke rumah teman Anda yang sudah menikah itu. Sekadar silaturrahmi ke teman dan keluarganya. Jangan lupa beri kabar terlebih dahulu sebelum bermain. Takut kalau teman Anda sedang ada pekerjaan atau sedang ada acara keluarga.

4. Jangan sampai putus komunikasi. Dalam merawat hubungan persahabatan, yang terpenting ialah komunikasi. Tetaplah berkomunikasi dengan teman Anda meski dia sudah menikah dan memiliki anak. Karena komunikasi merupakan perawat bagi persahabatan Anda.

 

AFR150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY