Perusak Hubungan Persahabatan

Perusak Hubungan Persahabatan

332
0
SHARE
source : blogspot.com

KabarFemale− Persahabatan memiliki nilai yang sangat berharga dalam kehidupan manusia. Saking bernilainya sebuah persahabatan, ia bahkan jauh lebih bernilai dari martabat manusia itu sendiri.

Karena cara seseorang dalam menjalani persahabatan, menjadi salah satu acuan dalam penilaian martabat orang tersebut. Bila ia menghargai persahabatan, berharga lah martabatnya di mata orang lain. Namun bila ia hanya berteman dengan orang lain seperti pertemanan binatang, maka martabatnya di mata orang lain pun tak ubahnya binatang.

Dalam menjalani hubungan persahabata, ia harus dibina serta dirawat dengan sebaik mungkin. Dengan binaan yang baik oleh kita yang menjalaninya, ia akan memberi manfaat sekaligus mengangkat martabat kita dalam kehidupan sosial. Jangan harap bisa memperoleh manfaat penting persahabatan bila kita tidak bisa membina persahabatan kita dengan baik.

Bahkan meski kita sudah berusaha sekuat tenaga membina persahabatan, ia tetap saja bisa rusak. Karena tak sedikit masalah yang datang pada persahabatan yang solid. Kalau pun perusak persahabatan tidak datang dari diri kita, ia bisa datang dari sahabat kita atau bahkan orang di luar lingkaran persahabatan.Berikut ini beberapa hal yang bisa merusak persahabatan:

  1. Salah paham. Bahasa dan budaya juga menciptakan perbedaan yang signifikan. Meski menggunakan bahasa yang sama, perbedaan budaya bisa menciptakan arti berbeda. Setiap orang dilahirkan dengan kepala berbeda-beda. Perbedaan yang tidak dipahami akan menimbulkan salah paham dalam ikatan persahabatan. Baik itu perbedaan pemikiran, perbedaan watak, perbedaan cara bertutur kata, perbedaan bahasa serta perbedaan lainnya. Andai penghuni bumi ini berkomunikasi dengan pikiran seperti dalam film PK, tidak akan timbul masalah yang disebabkan kesalahpahaman. Persahabatan pun berjalan dengan tenang dan damai.
  2. Persaingan yang tidak sehat. Dalam hidup, kita dituntut untuk bekerja dan belajar lebih keras untuk bisa bertahan hidup. Dalam usaha tersebut, tak jarang kita dihadapkan pada persaingan-persaingan. Bila kita diharuskan bersaing dengan teman kita sendiri, biasanya teman kita itu justru kita jadikan partner. Atau paling memilih bersaing secara sehat. Namun jika kita tidak bisa bersikap dewasa dalam menghadapi persaingan dengan teman, lalu bersaing dengan tidak sehat, itu lah sumber masalah. Ia akan menjadi bumerang bagi persahabatan kita.
  3. Pengkhianatan baik itu sengaja atau tidak, akan merusak hubungan persahabatan. Kalau kita tanya pada diri kita, bagaimana kita tidak kecewa bila teman yang kita percayai justru mengkhianati kita? Jelas kita tidak akan ingin bertemu dengannya lagi. Begitu pula bila posisinya dibalik, kita mengkhianati teman kita.
  4. Putus komunikasi. Komunikasi merupakan kunci dalam setiap hubungan. Hubungan tidak akan tersambung bila tidak ada komunikasi. Coba bayangkan bila pada saat masih kecil, kita memiliki teman akrab dan baik. Kemudian harus berpisah karena kita pindah tempat tinggal lalu tidak bertemu lagi. Saat dewasa, kita bertemu lagi dengan teman masa kecil tersebut. Yang jelas hubungan persahabatan kita tidak akan sama seperti dulu karena sudah putus komunikasi selama bertahun-tahun.

 

 

AFR150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY