Pekerjaan yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Pekerjaan yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

197
0
SHARE
© Mrsfightmaster.blogspot

RajaNego—Kebutuhan ekonomi merupakan jenis kebutuhan primer yang harus terpenuhi. Selain kebutuhan ekonomi, kebutuhan aktualisasi diri nampaknya juga sudah menjadi kebutuhan primer. Pasalnya, setiap orang yang kebutuhan ekonominya sudah terpenuhi, menginginkan dirinya eksis di tengah-tengah masyarakat.

Itu lah alasan mengapa tidak semua wanita yang bekerja disebabkan masalah ekonomi. Tetapi lebih pada keinginan untuk aktualisasi diri. Di zaman sekarang, siapa saja boleh dan bisa berkarir. Termasuk juga wanita. Tidak ada batasan bagi wanita untuk menekuni karir sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Namun menjadi seorang wanita karir yang sudah memiliki keluarga atau sudah berumah tangga memang tidak mudah. Karena sudah terikat tanggung jawab dalam mengurus keluarga. Sedangkan tugas mencari nafkah sudah menjadi tugas suami sebagai kepala rumah tangga.

Menjadi ibu rumah tangga tetapi tetap bisa berkarir sebetulnya mudah. Tergantung kesepakatan dengan suami serta bidang karir apa yang dipilih. Ketika sudah mendapat restu suami untuk bekerja, langkah selanjutnya ialah memilih pekerjaan yang sesuai dengan status sebagai ibu rumah tangga. Berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan yang sangat cocok dikerjakan oleh ibu rumah tangga:

1. Buka bisnis sendiri. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki jiwa pebisnis kuat, membuka bisnis sendiri dapat menjadi pilihan yang cukup menarik. Bisa mulai dari bisnis kerajinan tangan yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Hingga bisnis yang membutuhkan modal besar dengan omset besar pula. Intinya, berbisnis sendiri mengurangi resiko kelalaian akan tugas rumah tangga. Karena ketika keluarga membutuhkan kehadiran seorang wanita, bisnis sendiri masih bisa ditinggalkan sejenak.

2. Penulis. Menjadi penulis lepas merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Menulis bisa dipelajari bahkan meski latar belakang pendidikannya hanya SMP atau yang sederajat. Menulis bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti menulis catatan harian.

3. Desainer. Menjadi desainer baju atau desainer interior menjadi jenis pekerjaan yang cukup bagus untuk seorang ibu rumah tangga. Meski ada sekolah formalnya, menjadi seorang desainer juga bisa dipelajari secara mandiri. Selama memiliki kepekaan terhadap seni, menjadi desainer bisa ditekuni.

4. Bisnis online. Saat ini banyak sekali bisnis online yang bisa dikerjakan ibu rumah tangga. Seperti menjadi reseller produk-produk online, menjadi tele marketing, dan sebagainya.

5. Menjadi guru. Selain merupakan pekerjaan mulia, menjadi guru juga tidak menyita waktu seorang ibu rumah tangga. Berangkat pagi, pulang siang. Sesuai dengan jadwal anak sekolah dan suami bekerja. Ketika anak pulang, ibu sudah di rumah. Itu pun kalau mengajar di sekolah formal, kalau misalnya membuka tempat les sendiri, waktu menjadi lebih fleksibel lagi.

AFR150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY