Pasangan yang Baru Menikah Sebaiknya Tidak Tinggal dengan Orang Tua

Pasangan yang Baru Menikah Sebaiknya Tidak Tinggal dengan Orang Tua

2500
0
SHARE
source : perempuan.com

KabarFemale– Ketika akad nikah telah diucapkan, kehidupan pasangan pun berubah. Yang awalnya sebatas pacaran atau tunangan berubah status menjadi pasangan suami istri. Seiring dengan itu pula, tanggung jawab pun akan bertambah. Tanggung jawab kepada diri sendiri dan kepada keluarga. Tidak ada lagi ceritanya bekerja untuk diri sendiri. Tidak ada cerita pula malas bangun pagi. Kalau setelah menikah masih malas bangun pagi, bisa-bisa menimbulkan masalah bagi diri sendiri maupun pasangan.

Salah satu masalah yang sering timbul karena malas bangun pagi setelah menikah ialah, konflik dengan orang tua atau mertua. Ini khusus bagi pasangan pengantin baru yang tinggal bersama orang tua. Oleh karena itu, tinggal bersama orang tua setelah menikah sebetulnya sangat tidak dianjurkan. Jika pihak pasangan dan orang tua atau mertua sama-sama mengerti, hal itu tidak jadi masalah. Tapi memang lebih banyak yang terjadi masalah ketika pemikiran tidak sama dengan orang tua.

Berpisah atau tinggal di rumah berbeda setelah menikah jelas lebih baik daripada tinggal bersama orang tua atau mertua. Berpisah dari orang tua setelah menikah memiliki manfaat sebagaimana berikut ini:

  1. Belajar Mandiri. Kemandirian tidak bisa didapat begitu saja tanpa latihan dan kerja keras. Pasangan suami istri meskipun masih baru, sudah wajib hukumnya untuk mandiri dari orang tua. Kemandirian bisa diperoleh dengan memiliki tempat tinggal dan memasak masing-masing. Untuk persoalan tempat tinggal, tidak harus milik sendiri. Jika tidak memungkinkan untuk memiliki rumah sendiri, bisa ngontrak. Yang penting, berpisah dan sedikit jauh dari orang tua. Hingga sekiranya orang tua tidak tahu ketika Anda dan pasangan sedang susah atau senang. Segalanya cukup dihadapi berdua saja tanpa memberi beban kepada orang tua.
  2. Menghindari Konflik ‘Menantu vs Mertua’. Berpisah setelah menikah dari orang tua juga memiliki manfaat menghindari konflik antara mertua dan menantu. Jika masih tinggal satu atap dengan orang tua, konflik antara pasangan Anda dengan orang tua Anda sulit untuk dihindari. Begitu pun sebaliknya, Anda juga akan sulit menghindari konflik dengan mertua Anda yang tinggal serumah. Jadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya konflik ‘mertua vs menantu’, ialah dengan tinggal di rumah berbeda.
  3. Belajar Menjadi Orang Tua Sesungguhnya. Dengan tinggal di tempat berbeda dari orang tua, Anda sebagai pasangan suami istri baru akan belajar menjadi orang tua sesungguhnya. Anda akan belajar bagaimana sulitnya mencari nafkah. Belajar bagaimana susahnya merawat dan mendidik anak. Termasuk pula belajar bagaimana menghadapi konflik. Dari situ lah, Anda dan pasangan akan semakin dewasa dan menjadi orang tua sesungguhnya. Efeknya, Anda akan sadar bagaimana cara terbaik memperlakukan orang tua.

 

 

AFR150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY