Menuju Rumah Tangga Sakinah

Menuju Rumah Tangga Sakinah

280
0
SHARE
Menuju Rumah Tangga Sakinah
Source : shutterstock.com

Setiap pasangan pasti menginginkan kehidupan rumah tangga yang baik, bahagia dan sakinah. Dengan rumah tangga sakinah ketentraman dan ketenangan jiwa selalu hinggap dalam rumah-rumah keluarga yang penuh berkah. Nah kali ini kita akan membahas tip-tips menuju rumah tangga sakinah. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan rumah tangga yang sakinah:

  1. Bersyukur
    Kehidupan rumah tangga sakinah dapat dicapai dengan senantiasa selalu bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT. Bersyukur atas rezeki yang didapat setiap hari. Tak lupa selalu membelanjakan rezeki ke jalan yang benar. Menyisihkan sebagian uang untuk santunan anak yatim dan shadaqah kepada fakir miskin. Allah SWT akan selalu melimpahkan rezeki pada keluarga-keluarga yang senang berbagi.
  2. Tanamkan selalu cinta dan kasih
    Belajar dari Rasulullah yang selalu menyertakan cinta dan kasih kepada istri dan anak-anaknya. Rumah tangga bahagia dan sakinah selalu dilandasi dengan cinta dan kasih yang tak pernah lekang. Tak pernah ada pertengkaran ataupun pertikaian antar sesama keluarga.
  3. Suami yang senantiasa membimbing istri
    Terbentuknya rumah tangga sakinah juga tidak lepas dari peran seorang suami sebagai imam atau pemimpin keluarga. Suami yang baik adalah suami yang bisa membimbing istri untu selalu berada di jalan Allah SWT. Seperti anjuran sesuai sabda Rasulullah:
    ”Jika kalian para suami tidak menasehati mereka (para istri), maka mereka tetap dalam keadaan bengkok”

Artinya adalah bahwa seorang istri tanpa bimbingan suami akan tetap dalam keadaan yang salah, sebagaimana hakikat seorang perempuan yang diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok maka harus diluruskan tentu saja dengan perlahan dan penuh kasih sayang. Karena seorang wanita tidak dapat terlalu dikerasi karena ia akan patah, sedangkan jika dibiarkan tanpa bimbingan sama sekali maka ia akan rapuh.

  1. Istri yang sabar
    Begitu pula sebaliknya, seorang istri juga ikut berperan dalam menempuh rumah tangga sakinah. Seorang istri harus senantiasa sabar dalam berbakti dan melayani suami. Seorang istri juga dianjurkan untuk menasehati suami ketika berada di jalan yang salah. Seperti firman Allah SWT:
    “Dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menepati kesabaran” (Al-Ashr: 3).
    Betapa bahagianya jika suami-istri bisa saling membimbing satu sama lain.
  2. Meningkatkan ibadah
    Rumah tangga sakinah dapat ditempuh dengan meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Menjalankan sunnah-sunnah Rasul seperti puasa senin-kamis bersama, sholat dhuha di pagi hari sebelum beraktivitas, sholat tahajud di sepertiga malam dan sebagainya. Suami-istri yang senantiasa meningkatkan keimanan bersama Insha Allah akan dimudahkan segala urusan keluarganya. Dan rumah tangga sakinah pun dapat diraih.

Itulah beberapa tips yang siap dipraktekkan untuk mewujudkan rumah tangga bahagia dan sakinah. Semoga artikel ini bermanfaat.
AFR141001

 

Temukan berbagai kabar terkini seputar dunia wanita mengenai health, beauty, fashion, kuliner, relationship, inspiration, mom, kids, juga lifestyle dan entertainment. Hanya di kabarfemale.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY