Membiasakan Keluarga Untuk Saling Peduli

Membiasakan Keluarga Untuk Saling Peduli

678
0
SHARE
Membiasakan Keluarga Untuk Saling Peduli
source : wordpress.com

KabarFemale– Pribadi yang hebat biasanya dimulai dari keluarga yang sehat. Membangun pribadi yang hebat tentu harus dimulai dengan menyehatkan keluarga terlebih dahulu. Karena dalam keluarga lah setiap pribadi itu tumbuh. Jika keluarga baik, maka individu pun akan tumbuh baik. Sebaliknya, jika keluarga berantakan, pribadi setiap individu akan lebih berantakan.

Salah satu kepribadian yang hebat ialah pribadi yang peduli terhadap alam dan sesama. Dan kepedulian memang harus dibangun dalam keluarga. Sulit menemukan orang yang sangat peduli terhadap alam dan sesama dengan latar belakang keluarga kurang memiliki kepedulian. Membangun kepedulian memang harus dimulai dari antar anggota keluarga.
Membangun kepedulian dalam keluarga harus menjadi salah satu prioritas. Mengingat fenomena yang ada sekarang, manusia modern seakan semakin tidak peduli terhadap sesamanya, apalagi kepada alam. Sikap saling peduli dalam keluarga harus dibangun lalu dijadikan kebiasaan.

Berikut ini cara membiasakan sikap saling peduli dalam keluarga:

  1. Tanamkan kepedulian terlebih dahulu. Jika Anda yang memiliki ide untuk membiasakan sikap saling peduli dalam keluarga, Anda lah yang harus memulainya terlebih dahulu. Ibarat pepatah ‘menanam lah maka kau akan memetik buahnya’. Jika Anda menanamkan kepedulian kepada anggota keluarga yang lain, mereka pun akan peduli pada Anda. Tentu harus berupa kepedulian yang tulus. Dengan begitu, kepedulian akan tertanam tanpa disadari.
  2. Buat seluruh anggota keluarga paham akan fungsi keluarga. Selain memulai menanamkan rasa peduli, buat anggota keluarga paham akan fungsi keluarga. Salah satunya ialah memberikan rasa nyaman dan aman satu sama lain dengan rasa saling peduli. Fungsi keluarga ialah membantu saat yang lain sedang butuh bantuan. Meringankan saat yang lain menghadapi beban masalah berat. Dan fungsi keluarga bukan membiarkan anggota keluarga lain yang sedang kesusahan. Melainkan membantu dan meringankan kesusahan tersebut.
  3. Pahamkan juga akan pentingnya saling peduli. Dengan saling peduli, Anda dan anggota keluarga yang lain akan merasa betul-betul memiliki keluarga. Memiliki tempat pulang yang tepat. Juga memiliki tempat berlari yang tepat saat dunia luar tidak bersahabat. Tidak ada hal yang jauh lebih menenangkan bagi orang yang sedang bermasalah dibandingkan kepedulian keluarga.
  4. Bersikap lah terbuka dalam setiap masalah. Ketika kepedulian sudah mulai tertanam dalam setiap individu anggota keluarga, rawat lah dengan sikap terbuka. Terutama terbuka ketika ada masalah. Karena di sana lah fungsi kepedulian yang sudah Anda bangun. Tanpa masalah, sikap saling peduli tidak akan teruji kekuatannya.

 

AFR150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY