Membangun Persahabatan yang Lebih dari Persaudaraan

Membangun Persahabatan yang Lebih dari Persaudaraan

274
0
SHARE
© Shutterstock

RajaNego—Memiliki hubungan persahabatan yang kuat melebihi hubungan dengan saudara kandung. Siapa yang tidak mau? Semua orang pasti menginginkan itu. Sebab dengan memiliki sahabat yang sudah lebih dari saudara, ibarat membangun rumah paling nyaman yang bisa kita tempati saat sedang mengalami kesusahan.

Namun untuk memiliki sahabat yang lebih dari saudara, membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Tidak mudah bagi orang untuk bisa saling menyayangi melebihi hubungan keluarga seperti hubungan persaudaraan.

Orang yang sudah memiliki sahabat yang lebih dari sekadar saudara, biasanya telah melewati masa-masa susah yang tidak sebentar. Karena dengan kesusahan, orang akan tahu mana sahabat dan mana teman biasa.

Selain dengan kesusahan diri sendiri, persahabatan juga dibuktikan dengan kesusahan teman. Ketika sahabat sedang mengalami kesusahan, bisa kah kita menjadi sahabat yang mungkin dianggap lebih daru saudara? Jika kita belum bisa, jangan mengharapkan itu dari orang lain. Karena segala sesuatu harus dimulai dari diri sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang wajib dilakukan untuk membangun persahabatan yang solid:

1. Pentingnya pengorbanan. Pengorbanan yang tidak mengharap balasan memiliki harga mahal. Bahkan harga itu tidak bisa diukur dengan nominal angka. Ketika kita sudah berkorban secara ikhlas untuk teman, teman akan berpikir bagaimana agar ia bisa membalas budi kita. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Semakin banyak kita berkorban untuk teman, semakin kuat pertemanan kita.

2. Saling percaya. Selain membutuhkan pengorbanan, persahabatan juga membutuhkan rasa saling percaya. Saling percaya untuk berbagi rahasia dengan teman. Dan saling percaya bahwa teman bisa menjaga rahasia kita. Sekali kepercayaan di antara hubungan persahabatan dikhianati, persahabatan itu jelas mulai rapuh. Bahkan mungkin berada di ambang kehancuran.

3. Saling membantu sekuat tenaga. Untuk membangun persahabatan yang kuat, juga dibutuhkan sikap saling tolong menolong. Semakin banyak kita menolong teman, akan semakin baik bagi kita dalam membangun hubungan persahabatan. Teman akan merasa memiliki kepada kita.

4. Pengertian. Sikap pengertian tidak hanya dibutuhkan dalam hubungan cinta, tetapi juga persahabatan. Kalau kita bisa mengerti kondisi atau perasaan teman, persahabatan yang kita bangun akan semakin baik. Karena dengan mengerti, kita akan tahu bagaimana caranya bersikap.

5. Kebersamaan. Persahabatan tidak hanya dibangun di dekat meja yang penuh dengan makanan lezat. Persahabatan juga dibangun di antara kerikil amarah, kebingungan bahkan di dalam kamar duka yang penuh air mata. Kita akan menghargai kebersamaan dengan sahabat ketika kebersamaan itu sudah jarang terjadi.

AFR150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY