Manfaat Makan Malam Bersama Keluarga

Manfaat Makan Malam Bersama Keluarga

705
0
SHARE
source : petiteelle.asia

KabarFemale– Banyak hal kecil yang kadang dianggap sepele, namun sangat berguna dalam sebuah keluarga. Dari hal-hal kecil itu lah, keluarga dibangun hingga menjadi keluarga kuat dan harmonis. Dari hal kecil itu pula, anggota keluarga belajar betapa berharga dan pentingnya sebuah keluarga. Oleh karena itu, kita memang sepatutnya mulai menghargai sesuatu yang bahkan dianggap tidak berharga sekalipun.

Salah satu kebiasaan kecil, yang sering dianggap sepele oleh kebanyakan keluarga ialah makan malam. Makan malam bersama keluarga dianggap aktivitas yang biasa saja dan sama sekali tak bermakna. Tapi coba seandainya suatu saat kita tidak lagi diberi kesempatan makan malam bersama keluarga, ia akan menjadi kenangan yang sangat dirindukan. Selain itu, makan malam bersama keluarga memiliki manfaat yang patut kita perhatikan sebagaimana berikut:

  1. Membangun dan memelihara kebersamaan. Salah satu cara membangun kebersamaan ialah di meja makan; saat seluruh anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama. Meja makan sekaligus menjadi salah satu tempat untuk memelihara kebersamaan. Meja makan di malam hari menjadi salah satu tempat seluruh anggota keluarga berkumpul. Saat itu lah keluarga bisa ngobrol, bercanda, hingga saling berbagi kisah yang dialami selama sehari. Meja makan menjadi tempat yang hangat untuk membuat keluarga menikmati kebersamaan. Setelah seluruh anggota keluarga sibuk dengan aktivitas masing-masing seharian, di malam dipertemukan di meja makan dalam acara makan malam,.
  2. Orang tua bisa memantau perkembangan anak. Di meja makan pula, orang tua bisa memantau perkembangan anak. Terutama sikap dan perkembangan belajarnya. Di meja makan, orang tua bisa melihat sikap anak dari cara dia makan dan berbicara. Selain itu, orang tua bisa sambil bertanya apa saja hambatan anak dalam belajar. Juga bertanya tentang masalah yang mungkin sedang di hadapi anak. Namun demikian, orang tua tidak boleh terkesan menginterogasi agar anak tidak jera untuk ikut makan malam bersama. Orang tua harus cerdas dalam memantau perkembangan anak.
  3. Menjadikan makan lebih nikmat. Kenikmatan ketika makan memang jauh lebih baik ketika kita makan bersama. Baik makan bersama keluarga atau orang lain. Hal ini bisa kita bandingkan ketika kita makan sendirian. Pasti akan sangat jauh perbedaannya. Ketika kita makan sendirian, kita merasa cepat kenyang meski baru menghabiskan sedikit makanan saja. Sedangkan ketika kita makan bersama, kita akan makan dengan sangat nikmat hingga merasa perut benar-benar kenyang.

 

 

AFR150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY