Kesalahan-Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Pernikahan

Kesalahan-Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Pernikahan

178
0
SHARE
Kesalahan-Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Pernikahan
© simplemarriage

KabarFemale– Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Kesalahan bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Kesalahan-kesalahan tersebut membuat orang belajar bahwa tidak semua hal yang dilakukan dirinya benar. Sehingga tidak membuat orang merasa menjadi diri yang paling benar. Orang yang bisa belajar dari kesalahan akan menjadikan orang tersebut menjadi lebih bijak dalam bersikap.

Karena kesalahan bisa dilakukan oleh siapa saja, kesalahan juga bisa dilakukan bahkan oleh orang yang sudah menjalani kehidupan berumah tangga. Menikah tidak menjadi jaminan bagi orang untuk tidak berbuat salah. Bahkan kesalahan-kesalahan dalam pernikahan bisa berupa hal-hal kecil yang tidak disadari.

Kesalahan sepele yang seringkali diabaikan bisa menimbulkan konflik yang mengakibatkan hubungan pernikahan tidak harmonis. Pernikahan menjadi tidak hangat seperti ketika masih pacaran. Kesalahan dalam pernikahan yang sering terjadi atau dilakukan tanpa sadar diantaranya sebagai berikut:

1. Menganggap keromantisan dan kemesraan sudah tidak terlalu penting. Di awal pernikahan, hampir setiap orang merasa rumah tangganya ibarat surga. Karena keromantisan dan kemesraan masih menjadi bumbu penyedap yang sangat ampuh.

Entah karena sebab apa, keromantisan serta kemesraan yang harusnya tetap terjaga dalam pernikahan justru hilang secara perlahan. Dan kebanyakan pasangan suami istri tidak peduli akan hal ini. Mereka menganggap keromantisan serta kemesraan hanya berlaku ketika masih muda atau saat masih baru menikah.

2. Meributkan hal-hal sepele. Ketika masih pacaran atau saat pernikahan masih baru, masakan istri yang keasinan masih dipuji. Tapi lama-kelamaan, misalnya jika salah satunya lupa meletakkan barang pasangan di tempat mana, keributan pun muncul.

Padahal masalahnya merupakan masalah kecil. Atau ketika sama-sama lelah bekerja, yang dilakukan bukan saling memotivasi, tetapi malah ribut dengan alasan kelelahan.

3. Saling menyalahkan ketika ada masalah. Komitmen untuk selalu membicarakan masalah dengan cara yang baik pasti pernah terucap. Tapi lihatlah kenyataannya. Tak sedikit pasangan yang sudah menikah justru saling menyalahkan ketika ada masalah. Kalau tidak saling menyalahkan, berusaha mencari pembenaran atas diri masing-masing.

4. Tidak peka. Entah kenapa, tak sedikit orang yang sulit menghargai sesuatu yang ada di tangannya. Orang bukannya menikmati kebersamaan yang terjadi. Akibat tidak menikmati dan mensyukuri, sikap tidak peka terhadap pasangan pun terjadi. Tidak peka terhadap perasaan atau pun keadaannya. Baru ketika pasangan sudah pergi jauh, penyesalan datang menghantui siang-malam.

AFR150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY