Keluarga Benteng Terkuat dari Narkoba

Keluarga Benteng Terkuat dari Narkoba

178
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale– Beberapa hari ini, media ramai dengan berita eksekusi mati terpidana narkoba berlevel internasional. Berita ini tidak hanya menjadi berita nasional, melainkan berita internasional. Pasalnya, terpidana yang ditembak mati pada Rabu (29/04/2015) dini hari lalu, tidak hanya warga negara Indonesia, melainkan juga warga negara asing.
Saat ini, narkoba tidak hanya beredar di kota-kota besar. Narkoba telah masuk ke pelosok-pelosok desa di Indonesia. Buktinya, ada beberapa kepala desa atau mantan kepala desa yang terjerat kasus Narkotika. Narkotika sepertinya memang telah menjadi masalah krusial. Penanganannya pun tidak bisa main-main.
Salah satu aspek penting dalam menanggulangi penyalahgunaan Narkotika ialah keluarga. Meski keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, tapi keluarga cukup kuat untuk membentengi orang dari pengaruh buruk narkoba. Mengapa demikian? Berikut ini alasannya.
1. Keluarga merupakan lembaga pendidikan utama. Keluarga adalah lembaga pendidikan yang tepat untuk mengenalkan bahaya penyalahgunaan narkoba. Saat ini memang banyak sekali seminar dan workshop yang diadakan untuk pemuda terkait bahaya Narkotika. Baik itu seminar yang diadakan oleh organisasi masyarakat maupun lembaga pemerintah. Namun seminar hanya menyentuh ranah intelektual, belum menyentuh ranah emosional. Dan hanya keluarga yang bisa mendidik masyarakat tentang bahaya Narkotika hingga menyentuh ranah emosional. Karena pendidikan keluarga tidak selesai hanya satu kali pertemuan. Penyampaiannya pun bukan hanya menggunakan otak, melainkan juga menggunakan kasih sayang.
2. Narkoba merupakan tempat pelarian orang dari masalah pengganti keluarga. Ketika orang khususnya pemuda, memiliki masalah, maka ia akan mencari tempat berlari untuk menenangkan diri. Di sini, keluarga sangat berperan penting untuk membantu menangani masalah yang terjadi pada individu. Jika keluarga tidak ada, mungkin teman bisa menjadi pengganti. Namun jika tidak ada teman yang bisa membantu meringankan masalah yang dihadapi seseorang, bukan tidak mungkin akan lari pada Narkotika. Oleh karena itu, peran keluarga sangat penting untuk mencegah individu dari menyalahgunakan Narkotika.
3. Karena keluarga, orang kadang memilih jalan pintas. Uang memang selalu menjadi kebutuhan utama orang untuk bisa hidup dan menafkahi keluarga. Jika satu keluarga tidak sabar menghadapi himpitan ekonomi, jalan pintas pun bisa dipilih. Salah satu jalan pintas untuk cepat mendapat uang ialah dengan berbisnis narkoba. Atau bergabung dengan jaringan bisnis tertentu. Jika keluarga bisa berkompromi dengan kondisi ekonomi yang sulit, orang tidak mungkin memilih jalan pintas untuk mendapat uang. Atau jika keluarga menekankan bahwa lebih baik lapar daripada makan uang haram, orang tidak mungkin memilih Narkotika sebagai ladang bisnis. AFR150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY