Kelebihan Persahabatan Jarak Jauh

Kelebihan Persahabatan Jarak Jauh

309
0
SHARE

KabarFemale− Dalam kehidupan sosial seperti sekarang, komunikasi tidak terbatas dalam lingkungan fisik saja. Kita bahkan bisa berkomunikasi tanpa bertatap muka. Hal ini berkat kecanggihan teknologi. Kita bahkan memiliki kesempatan untuk mengenal orang lain nan jauh di sana. Meski sebelumnya tidak pernah bertatap muka satu kali pun.
Dengan kecanggihan teknologi yang ada, memungkinkan kita memiliki sahabat jauh. Artinya, kita bahkan bisa membangun persahabatan dengan orang berbeda daerah. Bahkan kita bisa bersahabat dengan orang berbeda negara sekalipun. Dinilai dari kedekatan psikologis, tidak ada bedanya dengan sahabat yang setiap hari bertemu. Hanya saja, tidak bisa bertatap muka. Sehingga tidak benar-benar tahu keadaan masing-masing.
Pada jaman dulu, persahabatan jarak jauh dilakukan dengan surat-menyurat dalam bentuk kertas. Biayanya pun lebih mahal jika dibandingkan sekarang. Namun demikian, cerita tentang persahabatan jarak jauh sudah ada sejak dulu. Komunikasi dilakukan tanpa harus bertatap muka.
Meski tidak bisa bertatap muka secara langsung, persahabatan jarak jauh juga memiliki keuntungan tersendiri. Bila dibandingkan dengan persahabatan di dunia nyata, persahabatan di dunia maya memiliki kelebihan tersendiri. Berikut ini kelebihan hubungan persahabatan jarak jauh:
1. Bisa curhat sebisa yang kita mau. Dengan memiliki sahabat jauh, kita tidak tidak perlu merasa canggung atau malu ketika akan bercerita. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tidak perlu khawatir sahabat jauh akan mengolok-olok kita saat tahu kelemahan kita. Atau kita juga tidak perlu merasa malu bercerita hal yang merupakan aib. Karena tidak akan merasa malu atau cangguh saat bertemu. Kemungkinan untuk bertemu saja sangat kecil.

2. Tak perlu khawatir rahasia Anda akan dibongkar kepada orang sekitar Anda. Selain tak perlu merasa malu, kita juga tidak perlu khawatir dia akan membongkar rahasia kita kepada orang lain. Kalaupun sahabat jauh tersebut menceritakan aib kita pada orang lain, orang lain tersebut tidak mengenal kita. Kecuali jika Anda merupakan orang yang cukup terkenal.

3. Dapat mengatur waktu komunikasi sesuai waktu senggan. Komunikasi dalam persahbatan jarak jauh biasanya lebih fleksibel. Hubungan akan terus berlanjut meski berhari-hari tak ada kabar karena kesibukan masing-masing. Rasa pengertian biasanya lebih besar dibandingkan sahabat yang setiap hari bersama.

4. Kemungkinan untuk timbul masalah dalam persahabatan, lebih kecil. Persahabatan jarak jauh tidak akan melibatkan kita dalam perdebatan akibat perbedaan pendapat. Kemungkinan untuk salah paham pun lebih kecil. Jadi dengan beberapa keuntungan tadi, tak ada salahnya kita memiliki sahabat jauh.

AFR150901

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY