Hikmah Kisah Cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha

Hikmah Kisah Cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha

1521
0
SHARE
Source: kisahkamu.info

KabarFemale–Setiap zaman pasti memiliki ciri khasnya tersendiri. Termasuk juga dalam hal kisah cinta. Di setiap wilayah, pasti memiliki kisah cinta yang abadi sepanjang sejarah. Jika di Eropa terdapat kisah Remeo dan Juliet, maka di daerah Arab terdapat kisah Laila Majnun. Di Mesir terdapat kisah cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha.

Kisah cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha memang tidak banyak orang tahu. Tapi tahukah Anda, bahwa kisah cinta mereka bisa disebut kisah cinta terbaik sepanjang masa. Sebab cerita berakhir bahagia, namun juga menguras air mata. Bayangkan saja, Zulaikha, yang awalnya mencintai Nabi Yusuf hanya karena nafsu, berubah menjadi cinta sejati. Demi mendapatkan ketundukan Nabi Yusuf terhadap dirinya, Zulaikha menggodanya dengan kecantikan. Karena tidak berhasil, Nabi Yusuf disiksa dengan dipenjara.

Sejak keluarnya Nabi Yusuf dari penjara, Zulaikha menjadi sangat sulit bertemu sang pujaan hati. Bahkan hari-hari Zulaikha diisi dengan tangis dan penantian yang tak kunjung membosankan, terlebih sejak kematian suami Zulaikha. Karena cintanya, Zulaikha terus menangis hingga kecantikannya hilang, dan matanya pun buta.

Zulaikha tetap menunggu Nabi Yusuf hingga bisa merasakan kehadiran Nabi Yusuf dalam jarak jauh sekali pun, hanya dengan mencium aroma khas Nabi Yusuf. Namun di saat-saat itu lah, Zulaikha sekaligus berhenti menyembah patung dan beralih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini lantaran kekecewaan Zulaikha, karena patung-patung tersebut tidak bisa memberi kebahagiaan seperti Tuhan memberikan kebahagiaan kepada Nabi Yusuf dimana pun ia berada.

Hingga akhirnya, Zulaikha sudah merasa cukup diberi anugerah cinta Nabi Yusuf hanya dengan menunggu dan merasakan aromanya dari jauh. Hingga pada suatu hari, Zulaikha dipertemukan dengan Nabi Yusuf. Saat pertemuan itu, Zulaikha sudah tua renta, sedangkan Nabi Yusuf masih gagah perkasa. Ketika Nabi Yusuf menyambut kehadiran Zulaikha, Zulaikha justru disambut cinta Tuhan dengan mukjizat Nabi Yusuf kepadanya. Zulaikha bisa melihat lagi dan bahkan ia berubah menjadi cantik kembali. Saat itu lah, hati Zulaikha dipenuhi cinta kepada Tuhan hingga nyaris melupakan cintanya kepada Nabi Yusuf.

Dari kisah ini, kita bisa mengambil hikmah, pertama bahwa cinta tidak pernah berdusta. Cinta hanya karena nafsu hanya membawa kesengsaraan dan penderitaan. Sebaliknya, cinta sejati yang dilandasi cinta kepada Tuhan justru membawa kebahagiaan yang hakiki. Kedua, sekuat apapun kita mengejar cinta kita, tidak akan bisa kita capai sebelum Tuhan berkehendak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui secara detail kisah cinta Nabi Yusuf dan Zulaikha ini, sudah ada filmnya kok. Filmnya sejenis mini seri yang bisa ditonton di youtube.

AFR150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY