Hak Privasi yang Harus Tetap Dijaga Dalam Sebuah Hubungan

Hak Privasi yang Harus Tetap Dijaga Dalam Sebuah Hubungan

184
0
SHARE
source : wordpress.com

KabarFemale− Hubungan asmara sepasang kekasih merupakan upaya menyatukan dua manusia yang berbeda. Berbagai perbedaan yang ada pada diri masing-masing disatukan oleh kesamaan rasa dan visi. Rasa cinta serta visi untuk membina sebuah hubungan yang harmonis dan saling melengkapi. Kelebihan yang satu bertujuan untuk melengkapi kekurangan yang lain. Begitu pula sebaliknya.

Terlebih bagi pasangan yang sudah menikah. Hubungan sudah harus fokus pada upaya saling melengkapi. Serta menghindari halhal yang bisa menimbulkan pertentangan. Meski demikian, Anda maupun tetap memiliki hak pribadi atau kehidupan pribadi. Dimana di kehidupan pribadi tersebut, Anda dan pasangan tidak saling terlalu ikut campur satu sama lain.

Karena Anda dan pasangan sudah menjadi satu kesatuan, hak pribadi pun terbatas. Meski begitu, hak pribadi tetaplah hak pribadi. Anda tidak bisa terlalu ikut campur dalam beberapa hal. Pasangan Anda pun tidak bisa sepenuhnya mengatur beberapa hal berikut ini:

  1. Hak dalam hal hobi dan selera. Anda dan pasangan tentu memiliki beberapa kesamaan sekaligus perbedaan dalam hal selera. Dalam perbedaan, Anda tidak bisa memaksakan selera dan hobi Anda kepada pasangan. Anda pun tidak bisa membatasi pasangan Anda untuk melakukan hobinya. Anda juga tidak bisa mengekang selera pasangan Anda. Anda pun memiliki hak untuk melakukan hal sesuai selera dan hobi Anda tanpa pasangan Anda ikut campur. Apalagi jika memang selera dan hobi tersebut bernilai positif.
  2. Hak menyendiri. Meski sudah memiliki pasangan, setiap orang pasti butuh menyendiri dalam beberapa kesempatan. Di saat itu lah, Anda maupun pasangan harus sama-sama mengerti. Agar tidak saling mengganggu satu sama lain. Sebab bila kebutuhan menyendiri tidak terpenuhi, konflik pun tidak bisa dihindari.
  3. Hak berkenaan dengan barang-barang pribadi. Saat Anda dan pasangan menikah, banyak barang-barang yang kemudian menjadi milik bersama. Namun demikian tetap saja ada barang pribadi yang tidak bisa menjadi milik bersama. Seperti koleksi barang-barang kesayangan, handphone serta pakaian. Anda tidak bisa mensabotase barang pribadi pasangan Anda hingga mendapat izin darinya. Anda juga memiliki hak untuk menjaga barang pribadi Anda agar tidak diacak-acak oleh
  4. Hak untuk mengikuti pendapat masing-masing atau tidak. Dalam banyak hal, Anda pasti melibatkan pasangan untuk melewati atau menghadapinya. Anda juga pasti sering meminta pendapat pasangan berkenaan dengan kehidupan pribadi Anda. Namun pasangan Anda tidak bisa memaksakan pendapat atau sarannya itu. Anda tetap memiliki hak untuk menolak atau menerima saran pendapat dari pasangan.

 

 

AFR150801

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY