Efek Cinta Bagi Manusia

Efek Cinta Bagi Manusia

253
0
SHARE
Efek Cinta Bagi Manusia
source : detik.com

KabarFemale– Cinta bisa mengubah segalanya. Sepertinya hal itu memang betul adanya. Cinta bisa membuat orang yang hampir meninggal bisa sadar kembali. Cinta bisa membuat orang kaya rela menjadi miskin. Cinta juga bisa membuat orang malas belajar menjadi semangat dalam belajar. Cinta menjelma menjadi sejenis narkotika yang bisa membuat orang lupa siapa dirinya.

Tidak ada kekuatan rasa yang lebih hebat dibandingkan kekuatan cinta. Karena tidak ada kekuatan rasa apapun yang lebih bisa mengubah kehidupan manusia dibandingkan kekuatan rasa cinta.
Selain memiliki kekuatan besar untuk mengubah kehidupan manusia, cinta juga membawa dampak bagi manusia secara langsung. Cinta rupanya membawa rasa yang lain untuk bisa dirasakan manusia. Dengan rasa yang dibawanya, manusia menjadi tahu berbagai jenis rasa yang ada diciptakan Tuhan untuk manusia. Di antara perasaan bawaan cinta yang memberikan pengaruh bagi manusia ialah sebagai berikut:

  1. Bahagia. Cinta bisa membuat orang yang bahagia. Dengan kebahagiaan itu lah, seseorang yang sedang jatuh cinta bisa melakukan sesuatu jauh di atas batas kemampuannya. Orang bisa tidak tidur semalaman karena memikirkan orang yang dicintai sudah cukup membahagiakan. Dan keadaan itu jauh lebih baik dibandingkan tidur bagi orang yang sedang jatuh cinta. Orang juga bisa seakan-akan kehilangan rasa malu karena jatuh cinta. Contohnya, seorang laki-laki bisa bikin keributan tengah malam di rumah pujaan hatinya demi cintanya diterima. Kalau bukan karena cinta, membuat keributan di lingkungan orang, di waktu tengah malam pula, merupakan tindakan yang memalukan.
  2. Sedih. Karena cinta, orang pun belajar merasakan kesedihan. Ketika merasa rindu dan perasaan tersebut tidak tersampaikan, orang yang sedang jatuh cinta bisa merasa sedih. Ketika sang pujaan hati bersikap tidak acuh atas perhatian yang diberikan, orang yang jatuh cinta akan sedih juga. Apalagi melihat orang yang dicintai bersanding dengan orang lain.
  3. Cinta bisa pula membuat orang menjadi gila. Ketika orang sedang jatuh cinta, tubuh manusia melepaskan hormon yang bernama dopamine dan endorphin. Fungsinya hampir sama dengan fungsi kokain dan morfin, yang merupakan sejenis zat adiktif. Hormon tersebut memberikan rasa bahagia yang berlebih kepada otak orang yang sedang jatuh cinta. Selain itu, hormon serotonin di dalam tubuh orang yang jatuh cinta berada dalam kondisi tidak seimbang. Ketika keadaan menjadi sebaliknya, orang yang sedang jatuh cinta bisa menjadi sangat sedih. Ibaratnya, orang yang jatuh cinta mengalami ketagihan terhadap efek dari dopamine dan endorphin. Jika hormon serotonin terus menurun, ia bisa menjadi gila karena cinta. Mungkin kita pernah mendengar kisah cinta Qais-Laila, dimana si Qais sampai dijuluki Si Majnun (gila) karena tidak bisa bersama dengan Laila, pujaan hatinya.

 

AFR150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY