Cara Tepat Menunjukkan Kasih Sayang pada Anak

Cara Tepat Menunjukkan Kasih Sayang pada Anak

258
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale− Kasih sayang orang tua yang sejati tidak dapat diukur dengan ukuran manapun. Cinta orang tua kepada anak tidak terbatas oleh waktu, tempat maupun kekurangan. Bagaimanapun, dimanapun, dan kapanpun, orang tua akan tetap menyayangi anak dengan tulus. Segala cara dilakukan oleh orang tua untuk mewujudkan rasa sayangnya. Rasa sayang yang dimaksudkan agar anak mendapat kebahagiaan sesuai dengan harapan anak maupun orang tua.

Namun tak sedikit orang tua menggunakan cara yang salah dalam menunjukkan kasih sayang. Ada yang senantiasa memenuhi semua keinginan anak hingga anak menjadi manja. Ada orang tua yang terlalu disiplin hingga membuat mental anak menjadi pembangkang atau penakut. Bagaimana pun cara orang tua memperlakukan anak, itu semua sebagai wujud kasih sayang kepada anak. Namun demikian, kasih sayang juga harus ditunjukkan dengan cara yang tepat. Berikut ini cara menunjukkan kasih sayang orang tua kepada anak dengan tepat:

1. Memberikan apa yang dibutuhkan anak, bukan apa yang diinginkan. Setiap orang pasti memiliki kemampuan berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan anak. Ada yang sangat mampu, ada pula yang serba kekurangan. Serba mampu bukan menjadi alasan bagi orang tua untuk memenuhi segala permintaan anak. Memang tindakan memenuhi permintaan anak merupakan salah satu wujud rasa sayang orang tua. Tapi tindakan tersebut kurang tepat. Karena anak akan menjadi pribadi manja dan tak bisa berdiri di atas kakinya sendiri.
2. Antara penegakan disiplin dan ungkapan rasa sayang harus seimbang. Menegakkan disiplin keras kepada anak memang penting. Hal ini demi membentuknya menjadi pribadi disiplin, pekerja keras dan mandiri. Namun demikian, juga harus diimbangi dengan ungkapan rasa sayang yang seimbang. Jika ingin menegakkan disiplin dalam diri anak, orang tua juga harus mau menunjukkan kasih sayang dengan lugas. Sehingga anak tidak menjadi pembangkang. Dan dengan begitu pula, anak akan sadar bahwa tindakan orang tua semata-mata karena menyayangi dirinya.
3. Membiarkan anak berbuat sesuai kehendaknya, selama itu baik. Orang tua boleh menginginkan agar anak sukses baik secara moral maupun finansial sesuai dengan harapannya. Namun orang tua tetap tidak bisa memaksakan caranya agar anak bisa sukses. Sebab bisa jadi anak memiliki cara berbeda untuk mencapai kesuksesannya. Atau bisa jadi pula anak memiliki konsep berbeda tentang sebuah kesuksesan. Selama tindakan anak berada dalam koridor yang benar, orang tua hanya perlu mendukungnya. Lalu membantu anak bangun atau mengingatkan bila anak terpeleset.
4. Menunjukkan penghargaan pada porsi yang tepat. Pujian juga merupakan salah satu cara menunjukkan rasa sayang. Pujian merupakan penghargaan moral untuk anak. Namun pujian pun harus jujur dan proporsional. Jika berlebihan, anak bisa saja tumbuh menjadi orang yang gila hormat. Jika kurang, anak akan menjadi orang yang rendah diri. AFR150801

SHARE
Previous articleMerah nan Menggoda
Next articleTips Kesehatan Kulit
Gadis pecinta kesederhanaan. Karena hidup itu sederhana. Jadi jangan dibuat rumit dan berlebihan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY