Cara Tepat Menghormati Orang Tua

Cara Tepat Menghormati Orang Tua

850
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale– Sekarang ini, banyak sekali tontonan televisi yang menayangkan FTV atau sinetron tentang keluarga, khususnya hubungan antara orang tua dan anak. Dalam tayangan tersebut, tak sedikit yang mempertontonkan sikap tidak pantas seorang anak kepada keluarganya. Anak menghardik orang tua. Anak melarikan diri dari rumah karena tidak mau menuruti kehendak orang tua. Hingga ada pula tayangan seorang anak yang menelantarkan orang tuanya. Tayangan-tayangan seperti ini sebetulnya kurang mendidik. Namun, begitu lah fenomena media kita saat ini.

Melihat fenomena tersebut, sebagai anak kita harusnya berpikir bagaimana agar diri kita tidak mencontoh sikap seperti di FTV atau sinetron. Kewajiban kita sebagai anak kepada orang tua sebenarnya sederhana. Kita hanya diminta untuk menyayangi serta menghormati kedua orang tua kita. Namun entah mengapa, banyak sekali cobaan untuk menunaikan kewajiban tersebut.

Kadang, kita bisa sangat marah jika orang tua memaksakan kehendaknya kepada kita hingga kita menghardik mereka. Atau ketika kita sedang lelah lalu orang tua sedikit banyak bicara, kita langsung memarahinya. Sikap tersebut sangat tidak mencerminkan sikap hormat. Seharusnya, menghormati orang tua minimal dengan cara berikut ini:

1. Berkata lembut.

Dalam keadaan apapun, kita sebagai anak memang diharuskan bersikap dan berkata lembut kepada orang tua. Bahkan berkata ‘hah’ dengan nada kasar saja, kita tidak diperkenankan. Karena kita manusia biasa, kita kadang tidak bisa menahan diri ketika emosi. Untuk mengatasi agar tidak bersikap atau berkata kasar kepada orang tua, sebaiknya kita diam. Diam juga merupakan cara terbaik untuk mengatasi amarah.

2. Menghargai orang tua melebihi diri sendiri.

Jika kita menghargai diri sendiri melebihi cara kita menghargai orang lain, maka kita harus jauh lebih menghargai orang tua kita. Menghargai kasih sayangnya, perjuangan serta pengorbanannya untuk kita. Cara menghargai kasih sayang orang tua ialah dengan menyayangi mereka secara tulus. Menghargai perjuangan mereka bisa dengan tidak banyak menuntut atau meminta sesuatu dari orang tua. Apalagi meminta sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Sedangkan menghargai pengorbanannya, bisa dengan menjaga kehormatan serta merawat setiap pemberian orang tua sebaik mungkin.

3. Ketika berbeda pendapat, tetap dalam sikap santun

 Berbeda pendapat dengan orang tua pasti sering terjadi. Sebagai bukti rasa hormat, tunjukkan perbedaan tersebut dengan santun. Jangan memaksakan kehendak, dan jangan pula membantah dengan kasar ketika pendapat orang tua tidak cocok dengan pendapat kita.

4. Hormat karena cinta, bukan takut.

Banyak orang yang menghormati orang lain dengan sebab-sebab tertentu. Namun untuk orang tua, hormat lah karena cinta. Bukan hormat karena takut. Hormat karena takut biasanya hanya hormat di depan orang tua saja. Sedangkan ketika di belakangnya, justru berkhianat.

AFR150401

SHARE
Previous articleKemuliaan Hubungan Persahabatan
Next articlePenyebab Kehamilan Kimia
Gadis pecinta kesederhanaan. Karena hidup itu sederhana. Jadi jangan dibuat rumit dan berlebihan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY