Cara Sederhana Menghormati Orang Tua

Cara Sederhana Menghormati Orang Tua

211
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale− Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mendidik anak. Ada yang membuat anak menjadi takut kepada orang tua. Ada pula yang menciptakan rasa hormat dalam diri anak kepada orang tua. Kita sudah ketahui bersama, bahwa rasa takut hanya mampu bertahan ketika anak ada di hadapan orang tua. Tapi rasa hormat akan membuat anak senantiasa mengingat nasihat orang tua kapanpun dan dimanapun.
Namun apapun dan bagaimanapun cara orang tua dalam mendidik anak, anak tetap memiliki kewajiban untuk menghormati orang tua. Kapanpun, dimanapun dan dalam situasi apapun. Meski orang tua mendidik dengan cara yang kurang tepat, bukan berarti anak lepas kewajiban untuk menghormati orang tua. Dalam menghormati orang tua, sebetulnya tidak membutuhkan cara yang ribet. Menghormati orang tua bisa dilakukan dengan cara sederhana sebagaimana berikut:

1. Berkata dan bertindak sopan serta lembut dalam situasi apapun. Orang tua mungkin pernah memarahi kita lalu berkata-kata kasar. Orang tua mungkin pernah memukul kita karena kita bandel. Namun itu semua bukan alasan untuk membalas sikap kasar orang tua. Bersikap sopan serta bertutur kata yang lembut sudah cukup menunjukkan rasa hormat kita kepada orang tua. Sikap sopan dan tutur kata lembut sekaligus berfungsi sebagai air yang terus menetes di atas bebatuan keras.

2. Tidak membantah pendapat orang tua. Berbeda pendapat dengan orang tua memang wajar terjadi. Namun bukan berarti perbedaan tersebut digunakan untuk membantah dengan keras. Untuk menghormati orang tua, kita harus menyampaikan suara kita yang berbeda dengan santun. Tidak perlu membantah, apalagi membuat hati orang tua merasa tersakiti. Walau bagaimana pun, pendapat orang tua dimaksudkan demi kebaikan diri kita juga. Meski kadang caranya tidak sesuai dengan pemikiran kita.

3. Membiasakan sikap terbuka kepada orang tua. Tak sedikit orang yang menutupi banyak hal dari orang tua. Hal ini disebabkan rasa takut yang berlebihan terhadap orang tua. Padahal jika kita berbicara baik-baik, kita akan mendapat tanggapan baik pula. Mungkin orang tua sedikit menentang. Tapi kalau kita berbicara dengan baik, setidaknya orang tua menentang dengan cara yang baik pula.

4. Melibatkan orang tua dalam urusan penting. Sebagai apapun status kita, orang tua tetap memiliki peran penting dalam hidup kita. Oleh karena itu, kita harus menghormati orang tua dengan melibatkan mereka dalam urusan penting hidup kita. Misalnya hendak membuka bisnis baru, memilih pekerjaan atau sekolah, hingga dalam hal memilih pasangan hidup. Minimal kita meminta nasihat kepada orang tua. Sehingga orang tua tidak merasa diabaikan oleh anaknya sendiri.

AFR150801

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY