Cara Mudah Mengenali Sifat Dasar Seseorang

Cara Mudah Mengenali Sifat Dasar Seseorang

1085
0
SHARE
source : blogspot.com

KabarFemale− Dalam menjalin hubungan sosial, mengenal sifat seseorang itu sangat penting. Karena sifat dasar seseorang dapat menjadi acuan untuk Anda dalam bersikap terhadap orang tersebut. Sehingga kemungkinan terjadinya salah paham pun bisa dicegah. Kita sudah ketahui bersama, kalau kesalahpahaman dalam kehidupan sosial disebabkan karena kita kurang memahami orang lain. Atau sebaliknya, orang lain belum sepenuhnya memahami sifat kita.

Memahami sifat atau karakter orang lain juga sangat diperlukan saat kita hendak mencari pasangan hidup. Karena bagaimana pun, setiap orang pasti mengharapkan pasangan yang sesuai dengan kriterianya. Sehingga keserasian dan keselarasan dalam kehidupan bersama pasangan pun bisa tercipta.

Banyak orang beranggapan, untuk memahami karakter atau sifat seseorang, memerlukan ilmu psikologi yang mendalam. Padahal sebetulnya, setiap orang memiliki kemampuan untuk mengenali sifat orang lain secara alami. Kemampuan tersebut hanya perlu diasah dan dilatih. Sebagai langkah praktis, berikut ini cara mudah mengenali karakter atau sifat seseorang:

  1. Semakin luas pergaulan, Anda akan semakin peka terhadap karakter setiap orang baru. Orang yang pergaulannya luas akan mudah eksis dimanapun ia berada. Karena ia sudah memiliki banyak pengalaman untuk menyesuaikan diri di lingkungan baru. Selain itu, kemampuan untuk mengenal kepribadian orang lain pun menjadi lebih peka. Karena sudah diasah dengan pengalaman yang tak sedikit dengan orang-orang baru.
  2. Kenali dan bandingkan bahasa tubuh, bahasa mata dan bahasa lisan. Ketika Anda hendak mengetahui sifat seseorang, Anda bisa melihat dari bahasa tubuh, mata dan bahasa lisannya. Bandingkan dengan orang-orang yang sudah Anda kenal lebih dulu. Setiap orang biasanya memiliki konsep dalam pikiran untuk mengkategorikan setiap kepribadian orang lain. Dari perbedaan itu lah, Anda bisa memasukkan karakter orang yang baru Anda kenal dalam konsep kategori dalam pikiran Anda.
  3. Manfaatkan akun sosial media. Ada orang yang berkata bahwa akun sosial media hanya dijadikan hiburan. Sehingga tak perlu menunjukkan jati diri yang sebenarnya. Namun kenyataannya tidak demikian. Bagaimanapun tidak jujurnya seseorang dalam aktivitasnya di sosial media, itu tetap menggambarkan kepribadiannya. Ada orang yang suka curhat di sosmed. Ada pula orang yang suka ubdate foto dan aktivitasnya sehari-hari. Ada yang hanya mengambil momen-momen paling berkesan dalam kehidupan sehari-hari untuk diposting di sosial media.
  4. Sifat juga bisa dilihat dari hobi dan aktivitas sehari-hari. Untuk tahu apakah orang yang ingin Anda kenal itu pemalas atau rajin, tidak perlu menanyakan secara langsung. Anda hanya perlu bertanya tentang rutinitas dia sehari-hari. Tentu Anda harus bisa membaca bahasa dalam sorot matanya. Ini untuk memastikan apakah dia jujur atau tidak.
  5. Lihat bagaimana orang tersebut memandang suatu hal. Sudut pandang seseorang dalam melihat suatu hal, juga bisa menjadi acuan Anda dalam mengenal orang tersebut. Secara umum, apakah sudut pandang itu positif, negatif, atau imbang. Orang yang sudut pandangnya selalu negatif, jelas memiliki sifat suka berprasangka buruk. Orang yang sudut pandangnya selalu positif, bisa saja ia mudah sekali untuk ditipu atau diperdaya. Sedangkan orang yang memandang sesuatu dari segala arah (berbagai) sudut pandang, berarti orang tersebut penuh pertimbangan.

 

AFR150901

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY