Berbeda dengan Pasangan itu Berkah

Berbeda dengan Pasangan itu Berkah

170
0
SHARE
© les-conseils-de-rizzi.fr

KabarFemale–Perbedaan seringkali menimbulkan konflik berkepanjangan. Perbedaan ideologi dan kepentingan membuat orang berada dalam komunitas atau kelompok yang berseberangan. Memiliki tujuan yang sama namun dengan cara yang berbeda untuk mencapai tujuan tersebut, membuat suatu kelompok pecah menjadi beberapa bagian. Dalam sejarah, perbedaan telah menimbulkan konflik yang tak ada selesainya.

Perbedaan juga terjadi dalam hubungan dua anak manusia. Laki-laki dan perempuan jelas berbeda. Ditambah dengan perbedaan etnis, latar belakang keluarga dan pendidikan, sifat, hingga berbeda dalam hal prinsip hidup. Jika Anda tidak bisa menyikapi perbedaan tersebut secara positif, Anda tidak mungkin bisa bertahan dalam menjalani sebuah hubungan. Padahal hakikatnya, perbedaan itu berkah. Perbedaan disebut berkah karena memberikan manfaat seperti berikut ini:

1. Membuat Anda belajar menghargai orang lain. Dengan adanya perbedaan antara Anda dan pasangan Anda, membuat Anda belajar dari pasangan bagaimana menghargai orang lain.

Terutama bagaimana menghargai orang lain yang berbeda pendapat atau cara pandang orang terhadap sesuatu. Anda tidak akan mudah mengklaim bahwa pendapat Anda merupakan pendapat yang paling benar, dan pendapat orang lain sepenuhnya salah.

2. Anda bisa mengetahui bahwa dunia tidak hanya ‘dunia Anda’. Semakin Anda paham perbedaan Anda dengan pasangan, membuat Anda semakin tahu bahwa dunia bukan hanya milik Anda. Ada banyak sekali orang yang melihat dunia dengan cara pandang yang berbeda-beda. Dan cara pandang yang berbeda itu melahirkan sesuatu yang unik.

3. Bisa belajar hal-hal lain yang tidak Anda bisa. Berbeda passion, kemampuan atau pekerjaan membuat Anda bisa belajar lebih banyak hal dari pasangan. Begitu pula sebaliknya. Pasangan Anda bisa belajar banyak hal dari dunia Anda yang berbeda dengan dunianya.

Bandingkan jika Anda memiliki passion yang sama dengan pasangan. Anda dan pasangan memang menjadi satu visi dan misi. Tapi rasa bosan mungkin akan lebih cepat hadir dalam hubungan kalian. Sebab dunia yang Anda dan pasangan geluti hanya itu saja. Kesempatan untuk belajar hal-hal baru menjadi lebih sedikit.

4. Perbedaan membuat Anda dan pasangan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah. Ketika Anda dan pasangan dihadapkan pada masalah yang cukup rumit, tentu membutuhkan alternatif solusi yang lebih banyak. Ketika cara Anda dalam menyelesaikan masalah tidak efektif, bisa menggunakan cara pasangan Anda. Atau pun sebaliknya.

Dari perbedaan antara Anda dan pasangan, tentu membuat Anda–atau kita semua– belajar bahwa perbedaan tidak selamanya berarti pertentangan atau konflik. Perbedaan juga bisa membawa kita ke arah yang jauh lebih baik selama kita menyikapinya dengan cara positif.

 

AFR150101

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY