Anak Terlanjur Manja, Atasi dengan Cara Ini

Anak Terlanjur Manja, Atasi dengan Cara Ini

246
0
SHARE
source : kompas.com

KabarFemale− Setiap orang memiliki karakter berbeda-beda. Ada orang yang labil, ada orang yang tenang. Ada yang mampu mandiri sejak masih anak-anak. Sebaliknya, ada pula orang yang masih bergantung pada orang lain hingga usia dewasa. Perbedaan-perbedaan tersebut sebetulnya dipengaruhi oleh perbedaan cara orang tua mendidik anak.

Beberapa orang akhirnya terbentuk menjadi manja dan tidak bisa mandiri. Hal ini jelas disebabkan oleh kesalahan orang tua dalam caranya mendidik anak. Anak manja pasti selalu (lebih sering) mendapatkan semua yang ia inginkan. Orang tua seakan tidak memiliki kemampuan untuk mengatakan tidak kepada anaknya. Kasih sayang orang tua ditunjukkan dengan cara memenuhi semua permintaan anak. Tentu tanpa membuat anak kesusahan karena usahanya untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Cara menunjukkan kasih sayang orang tua dengan memanjakan anak tentu tidak masalah saat masih kecil. Namun akan menjadi masalah besar ketika anak sudah dewasa. Sedangkan orang tua sudah mulai renta. Sebab tak selamanya orang tua mampu menjadi tempat anak bersandar. Anak harus bisa berdiri dia atas kakinya sendiri. Namun tidak ada kata terlambat. Meski anak sudah beranjak pada usia dewasa sekali pun, orang tua masih bisa mengatasi anak yang terlanjur manja. Berikut ini cara mengatasi anak yang manja:

  1. Kurangi fasilitas yang Anda berikan. Jika Anda termasuk orang tua yang mampu memberikan banyak fasilitas pada anak, mulai lah kurangi. Misalnya dengan memblokir kartu kredit anak dan mulai hanya memberikan sedikit uang cash. Atau bila anak enggan bekerja, cabut sekalian uang jajan yang Anda berikan. Lalu beri dia pekerjaan sesuai minatnya. Mau tidak mau, kalau sudah tidak punya uang, anak harus bekerja.
  2. Kenalkan pada orang-orang sulit dari segi ekonomi. Tidak semua orang memiliki keberuntungan dari segi ekonomi. Dari orang-orang sulit itu lah kita belajar akan kesederhanaan dan kerja keras. Anak Anda tentu akan belajar pula bila Anda betul-betul mengenalkan mereka. Ajak lah anak berjalan-jalan melihat aktivitas orang-orang pinggiran yang kurang beruntung.
  3. Jika anak sudah beranjak dewasa, segera ajarkan untuk mandiri. Menegaskan bahwa sudah saatnya anak untuk mandiri tentu sangat penting. Orang tua tidak boleh bosan mengingatkan serta melatih anak untuk mandiri. Jika anak terus-menerus bergantung pada orang tua, suatu saat orang tua akan mati. Saat itu lah, anak akan kebingungan jika masih belum bisa mandiri.
  4. Bentuk lingkungan keluarga agar tidak senantiasa memanjakan anak. Untuk mengatasi anak yang terlanjur manja, orang tua harus membentuk lingkungan keluarga sedemikian rupa. Sehingga tidak ada lagi orang yang memanjakan anak di dalam rumah. Biarkan anak membersihkan kamar dan baju kotornya sendiri. Biarkan anak mengambil makanannya sendiri. Berhenti menuruti kemauan anak yang sebenarnya bisa ia lakukan sendiri.

 

AFR150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY