Anak Mulai Ingin Mandiri, Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Anak Mulai Ingin Mandiri, Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

118
0
SHARE
© downsend

KabarFemale–Kemandirian akan tiba cepat atau lambat. Ketika anak sudah mulai beranjak remaja, perasaan untuk tidak tergantung kepada orang tua sebetulnya sudah muncul. Ketika anak memasuki usia dewasa, anak mulai menemukan jalan untuk mandiri. Keinginan untuk mandiri mulai berwujud dalam sebuah tindakan.

Dalam menghadapi anak yang mulai ingin mandiri, terkadang orang tua menganggap anak tidak mungkin mampu dan usaha anak akan berakhir kegagalan. Oleh karena itu lah, tak sedikit orang tua yang justru menghambat proses anak untuk mandiri. Orang tua terlalu khawatir hingga anak betul-betul sulit untuk mandiri. Padahal jika diberi kesempatan, anak pasti bisa untuk mandiri.

Memposisikan diri sebagai orang tua memang tidak mudah. Kasih sayang yang amat besar sering kali menghambat anak untuk berkembang secara mandiri. Ketika anak sudah memiliki kemauan dan kemampuan kuat untuk mandiri, seharusnya orang tua memberikan jalan. Dan jalan yang diberikan bisa melalui beberapa cara berikut ini:

1. Dukung apapun kemauan anak selama itu positif. Perasaan terlalu khawatir membuat orang tua menghambat perkembangan anak. Meski hal yang dilakukan anak merupakan sesuatu yang positif. Sebagai orang tua, dukungan atas keputusan dan tindakan anak yang membawa dampak positif bagi anak harus sepenuhnya diberikan. Untuk apa mengekang anak yang sudah bisa membedakan antara baik dan buruk. Bukankah kemandirian juga merupakan perkembangan yang positif?

2. Beri anak kesempatan. Selain dukungan, orang tua juga harus memberikan kesempatan kepada anak untuk mandiri. Ketika anak pamit untuk bekerja, tidak sepatutnya orang tua melarang. Yang harus dilakukan orang tua justru sebaliknya, mencarikan pekerjaan yang sesuai dengan kondisi dan keinginan anak. Tentu selama pekerjaan yang akan dipilih anak tidak mengganggu pada aktivitas belajarnya.

3. Hindari kebiasaan terlalu mengatur anak. Aturan yang membuat anak merasa dikekang bukan lah aturan yang positif. Ketika anak mengatakan ingin mulai mandiri secara perlahan, buang jauh-jauh aturan yang hanya menghambat proses anak untuk mandiri. Percaya bahwa anak tidak akan mengecewakan orang tua merupakan sikap yang jauh lebih baik.

4. Jika perlu, beri sedikit modal agar anak bisa membuka usaha sendiri. Kalau anak memiliki jiwa pebisnis sejak masih remaja, tidak ada salahnya jika orang tua memberikan sedikit modal kepada anak untuk memulai usaha. Biarkan anak mengelola modal yang orang tua berikan sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

5. Jangan lepas tangan anak. Meski anak memutuskan untuk mulai mandiri, jangan sampai orang tua melepas tangan anak. Sebab bagaimana pun, anak masih membutuhkan saran serta bimbingan dari orang tua. Bimbingan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anak.

AFR150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY