Yang Tidak Anda Ketahui Tentang Bedah Sesar

Yang Tidak Anda Ketahui Tentang Bedah Sesar

270
0
SHARE
© drsuryobawono.files.wordpress

KabarFemale—Kami ajak Anda untuk lebih tahu seperti apa sebenarnya bedah sesar:

Area vital Anda akan dibersihkan

Setelah bedah sesar, vagina Anda perlu dibersihkan. Meski bukan menjadi jalan keluarnya bayi, vagina tetap dilibatkan dalam pembedahan sesar dan penyembuhannya. Vagina Anda akan dibersihkan dan dikeringkan dengan lap kering, tujuannya untuk menghilangkan darah yang merembes setelah pembedahan. Selain itu, bersiaplah karena perawat akan memasang kateter sebelum pembedahan, tapi biasanya pasien telah menerima anestesi sehingga tidak merasakan apa-apa.

Merasakan sensai tertarik

Anda akan mati rasa total mulai dari perut ke bawah selama pembedahan dan beberapa jam setelahnya, jadi sesi bedah sesar tidak terasa sakit. Tapi beberapa ibu mengatakan mereka merasakan sensasi tertarik ketika bayi keluar dari perut.

Anda merasa kedinginan selama proses kelahiran

Beberapa ibu mengeluh karena kedinginan selama sesi bedah sesar. Memang suhu ruangan dibuat dingin untuk menjaga semua tetap steril, juga untuk mengakomodasi kelahiran si bayi. Dalam kondisi mati rasa dari pinggang ke bawah dan berbaring selama lebih dari 30 menit, tak heran jika Anda merasa kedinginan. Tapi Anda bisa meminta selimut untuk menutupi sebagian tubuh agar tidak terlalu kedinginan.

Pelembut feses jadi teman baru Anda

Buang air besar jadi masalah besar setelah bedah sesar, karena sulit untuk mengejan saat bagian perut terluka. Menggunakan pelembut feses setelah melahirkan akan memudahkan Anda melakukan aktifitas ini. Selain itu, perbanyak minum air dan bergeraklah segera setelah Anda mampu melakukannya.

Batuk dan bersin terasa sakit

Pegang bantal di perut di atas luka untuk mencegah rasa sakit saat Anda batuk, bersin, atau tertawa. Sediakan bantal di rumah dan di dalam mobil. Rasa sakit ini akan sangat parah di minggu setelah melahirkan, tapi akan membaik dalam beberapa minggu setelahnya.

Luka operasi yang menakutkan

Beberapa ibu tidak menyadari kalau bekas luka akan terlihat sangat jelas. Tapi seiring waktu, bekas luka akan memudar. Penggunaan salep penghilang bekas luka akan membantu tapi gunakan setelah setidaknya 6 minggu pasca pembedahan. Penggunaan obat oles segera setelah operasi bisa menyebabkan infeksi.

Anda mengeluarkan darah

Pendarahan pasca bedah sesar tidak akan sebanyak saat melahirkan normal, tapi tetap terjadi pendarahan. Ini karena dinding rahim perlu pemulihan setelah plasenta terlepas, dan pembuluh darah merespon tingkat hormon yang menurun. Tak perlu khawatir, pendarahan bersifat ringan dan hanya berlangsung sekitar 6 minggu.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY