Yang Terjadi Pada Kehamilan 8 Bulan

Yang Terjadi Pada Kehamilan 8 Bulan

165
0
SHARE

KabarFemale—Memasuki kehamilan 8 bulan, bayi Anda semakin matang dan kemungkinannya untuk bertahan bila lahir dini akan cukup baik. Sekitar 30 persen kembar tiga dan 10 persen kembar dua lahir pada usia kehamilan 8 bulan, tapi akan lebih baik bila bayi berada di dalam rahim lebih lama.

Yang dialami ibu pada kehamilan 8 bulan

Di kehamilan 8 bulan, ibu merasakan kontraksi Braxton hicks cukup sering. Tapi tak perlu dicemaskan karena ini berarti otot rahim sedang berlatih agar lebih kuat. Bayi kemungkinan sudah turun ke panggul, sebagai persiapan untuk lahir. Ini menyebabkan panggul melebar dan mengakibatkan tekanan panggul.

Tingkat estrogen ibu meningkat, membuat rahim lebih sensitif terhadap oksitosin (hormon yang tubuh gunakan untuk menyebabkan kontraksi). Ini juga mengubah rasio estrogen ke progesteron yang menstimulasi terlepasnya prostaglandin (tubuh menggunakannya untuk melembutkan serviks).

Semua panca indera bayi sudah berfungsi. Bayi bisa melihat, mendengar apa yang terjadi di sektiar Anda, mencicipi cairan ketuban, serta merasakan kedekatan dengan dinding rahim Anda. Minggu 32 jadi puncak untuk gerakan bayi. Sebentar lagi gerakannya jadi terbatas.

Kini paru-paru bayi sudah berkembang dengan baik yang memberinya kesempatan bertahan bila lahir di bulan ini. Rambut lanugo sudah hampir tidak ada. Kuku jari sudah tumbuh dan ia sudah bisa buang air kecil.

Ada variasi ukuran bayi di usia kehamilan 8 bulan. Rata-rata beratnya 2550 gram dan panjangnya 45 cm. Minggu 35 jadi waktu Anda menambah berat badan sangat banyak dan cepat, bayi menambah berat ½ hingga ¾ pound tiap minggu.

Beberapa hal berikut perlu Anda lakukan di kehamilan usia 8 bulan:
– Saat rahim mengembang, tekanan pada panggul bertambah. Latihan Kegel jadi hal penting untuk dilakukan di akhir kehamilan. Memiliki dasar panggul yang kuat mencegah masalah inkontinensi.
– Rencana melahirkan Anda harus sudah siap, yang berarti Anda dan dokter sudah sepakat dengan keputusan ini. Bila belum merencanakannya, mulailah saat ini.
– Bila belum memilih nama untuk bayi, Anda perlu mempersempit pilihan. Beberapa keluarga memilih nama yang memilikik arti spesial, ada juga yang memilih nama tertentu karena terdengar bagus. Bebrapa ibu memilih merahasiakan nama si calon bayi hingga ia lahir. Ibu lain sudah menggunakan nama ini sebagai panggilan untuk si kecil ketika masih didalam perut agar terjalin bonding dengan bayi.
– Sekarang waktunya untuk mengikuti kelas menyusui bila Anda merasa akan mendapat banyak menfaat dari kegiatan ini.

BFI150403(15)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY