Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Mainan Bayi

Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Mainan Bayi

136
0
SHARE
Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Mainan Bayi
Source : mommyish.com

KabarFemale – Apa sih yang sering diberikan oleh orang tua atau kerabat lain untuk si kecil? Ya, mainan. Selain perlengkapan untuk si kecil, kerabat biasanya memberi mainan bayi sebagai hadiah. Memang, di saat masa pertumbuhan si kecil, mainan juga salah satu hal yang penting. Apalagi hari-hari si kecil juga akan sering dihabiskan untuk bermain. Nah, sudahkah Anda memberikan mainan yang benar?

Tips Memilih Mainan Bayi

Bayi tidak sembarangan boleh diberi mainan  yang asal. Mainan bayi yang diberikan haruslah memberikan anak manfaat dan juga hiburan. Selain itu, mainan yang diberikan juga jangan menimbulkan bahaya atau juga cidera untuk si kecil.

Bermain adalah kegiatan dan juga proses belajar bagi si kecil. Terlihat sepele memang, bermain tidak hanya membuat anak senang tapi juga belajar mengerti, merespon dan juga merasakan. Nah, sebagai orang tua yang bijak, ada beberapa tips agar Anda tidak salah pilih mainan. Di antaranya :

1. Sesuaikan dengan Umur

Mengapa harus disesuaikan dengan umur? Seiring dengan umur, berbeda juga bagaimana cara melatih anak melalui mainan. Anda harus menyesuaikan dengan perkembangan yang anak sedang alami. Misalnya, Anda bisa memberikan si kecil mainan yang berbunyi saat usia 6 bulan untuk melatih indera pendengarannya. Atau juga mainan seperti baby walker saat satu tahun untuk melatihnya berjalan.

2. Memiliki Manfaat

Tidak hanya untuk membuatnya terhibur, tertawa atau mengisi waktu luang di setiap harinya, mainan yang Anda berikan haruslah memiliki manfaat. Misalnya, Anda bisa memberikan mainan susun menyusun, melengkapi puzzle atau juga mainan dengan musik. Semua tidak hanya menyenangkan, namun juga memicu anak untuk menjadi kreatif, aktif dan juga memiliki reaksi terhadap apa yang ada di sekitarnya.

3. Jenis Kelamin

Terlihat sangat kolot memang. Namun, untuk membentuk karakter si kecil sejak dini, Anda bisa melakukannya dengan memberi mainan berdasar jenis kelaminnya. Misalnya, si anak laki-laki dengan mainan robot, mobil-mobilan atau tembak-tembakan, sedangkan untuk si anak perempuan dengan boneka, alat masak-masakan, rumah-rumahan dan sebagainya. Dengan begitu, setiap anak akan memiliki karakternya masing-masing.

4. Keamanan

Yang tidak boleh ketinggalan ketika mencari mainan untuk si kecil adalah keamanannya. Carilah mainan yang tidak membahayakan. Misalnya memiliki sudut yang tajam, bau dari bahan yang menyengat atau juga bahan yang berbahaya. Orang tua harus tahu apakah mainan yang diberikan cukup aman dan tidak akan menimbulkan masalah nantinya dengan memeriksa dengan baik.

Mainan untuk si kecil tidak harus selalu mahal. Anda bisa mencari mainan yang memiliki harga terjangkau asal sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Jika ingin yang memiliki kualitas, memang harga bisa dibanderol lebih mahal. Itu semua tergantung pada keputusan Anda dan pasangan sebagai orang tua. Yang tidak boleh dilupakan adalah selalu temani si kecil ketika bermain untuk membangun komunikasi, bukan memberi mainan si kecil agar Anda bisa ‘kabur’ sejenak.

BFI15040214

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY