Yang Perlu Anda Lakukan Di Kehamilan Usia 6 Bulan

Yang Perlu Anda Lakukan Di Kehamilan Usia 6 Bulan

280
0
SHARE
Yang Perlu Anda Lakukan Di Kehamilan Usia 6 Bulan
Source : .peanutmom.com

KabarFemale—Di kehamilan usia 6 bulan, jadikan bulan ini waktu untuk menikmati kehamilan dan mamanjakan diri sebelum Anda menjadi seorang ibu. Anda merasakan gerakan tiba-tiba di perut? Si janin mungkin mengalami cegukan. Ini merupakan fenomena yang umum karean ia meminum dan menghirup cairan ketuban. Perlahan cegukan akan hilang dengan sendirinya. Kulit transparan di tubuh bayi akan mulai menebal, dan kelenjar keringat berkembang di bawah permukaan kulit. Kini panjang bayi Anda seukuran satu kaki, dan di akhir bulan ini ia memiliki berat badan sekitar dua pound.

Perubahan pada tubuh ibu di kehamilan usia 6 bulan

Di kehamilan usia 6 bulan, rahim semakin melebar di atas pusar. Anda bisa melihat gerakan janin ketika bayi merasa nyaman di ruang kehidupan yang semakin menyusut. Kaki Anda mulai membengkak. Ini adalah hasil dari peningkatan volume darah, ada cairan berlebih di jaringan tubuh, yang menghasilkan edema. Selain itu, berat rahim membuat pembuluh darah di kaki bekerja lebih keras untuk memompa darah kembali ke jantung. Estrogen juga meningkatkan jumlah cairan yang diserap jaringan. Semua ini menghasilkan kaki yang bengkak dan sakit. Letakkan kaki di atas, kenakan sepatu nyaman dengan hak rendah, dan rendam kaki di air dingin untuk membuat Anda merasa nyaman.

Bila Anda mengalami bengkak mendadak dan parah pada wajah dan tangan, segera hubungi dokter atau bidan. Ini bisa menjadi tanda preeklampsia, yang disebut juga toxemia, kondisi yang berpotensi berbahaya bagi Anda dan bayi. Tanda lain preeklampsia berupa:
– Tekanan darah tinggi
– Sakit kepala
– Gangguan penglihatan
– Penambahan berat badan mendadak
– Protein pada urin

Ketika memasuki trimester ketiga, jalani hari-hari ini dengan menikmati momen kehamilan. Coba lakukan kegiatan berikut untuk memanjakan diri Anda:
– Melakukan perawatan spa
– Menghabiskan waktu siang dengan santai dan membaca buku
– Berendam di bak mandi yang menenangkan
– Memesan makanan sehat dari restoran langganan
– Menonton film yang Anda sukai.

Seperti pada bulan-bulan sebelumnya, dokter akan memeriksa berat badan dan mendengarkan detak jantung bayi, serta mengecek apakah ada gejala kehamilan yang Anda alami. Dokter atau bidan juga meminta Anda menjalani tes urin dan darah. Bila bulan sebelumnya Anda belum menjalani tes untuk diabetes gestasional, kemungkinan akan dilakukan bulan ini. Pada bulan ini Anda sudah bisa mempertimbangkan siapa yang akan menemani di ruang persalinan serta mulai membuat daftar nama untuk si buah hati.

BFI15030317

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY