Yang Penting Untuk Diketahui Ketika Kehamilan Trimester Pertama

Yang Penting Untuk Diketahui Ketika Kehamilan Trimester Pertama

176
0
SHARE
© useduguides

KabarFemale – Sedang berbahagia karena mendapati Anda dinyatakan positif hamil? Wah, selamat ya. Anda dan pasangan akan segera menjadi orang tua dalam hitungan bulan. Nah, agar kehamilan lancar dan sehat selama setidaknya 9 bulan, Anda harus tahu apa saja yang Anda perlu tahu tentang kehamilan dari minggu ke minggu. Dalam kehamilan, periode dibagi menjadi tiga yaitu kehamilan trimester pertama, kedua dan ketiga hingga kemudian proses persalinan. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang periode kehamilan di trimester yang pertama.

Apa yang terjadi ketika kehamilan trimester pertama?

Yang dimaksud dengan kehamilan trimester pertama adalah ketika usia kehamilan memasuki usia 12 minggu pertama. Anda bisa menanyakan usia kandungan pada dokter untuk memastikan berapa usia kandungan Anda saat ini. Pada masa ini, biasanya Anda akan mengalami penambahan berat badan sekitar 2 kilogram. Namun juga bisa berkurang karena Anda mengalami morning sick yang hebat.

Untuk menghitung berapa usia kandungan, Anda bisa menghitung dari hari di mana Anda seharusnya haid. Ini kemudian dihitung sebagai hari pertama. Untuk lebih memastikan lagi, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter. Namun biasanya usia kandungan yang kurang dari 3 minggu sangat sulit untuk dilihat. Karenanya tunggu hingga 3 minggu.  Pada minggu ketiga, telur yang sudah dibuahi menempel pada lapisan rahim.

Jika pada 5 minggu setelah hari siklus haid Anda belum juga muncul flek menstruasi, maka Anda bisa mulai memeriksakan diri ke dokter atau mengawalinya terlebih dahulu dengan alat tes kehamilan. Di usia ini biasanya juga akan terjadi morning sick.

Pada usia kandungan 6 minggu, Anda akan sering merasa lelah. Anda boleh berolahraga tapi pilihlah olahraga yang disarankan oleh dokter. Kemudian di usia kehamilan ketujuh minggu, area payudara akan membesar. Di waktu ini juga sumsum tulang bayi dan juga otak sedang terbentuk dan berkembang. Di minggu selanjutnya, Anda akan sering buang air kecil karena tekanan pada kandung kemih karena rahim yang membesar.

Di usia kandungan 9 minggu, janin akan disebut sebagai fetus. Beberapa anggota badan seperti jari tangan dan kaki akan terbentuk, kerangka tulang pun akan berubah menjadi tulang sejati. Kemudian di minggu selajutnya, perut Anda akan mulai membesar.  Saat ini, janin sudah berukuran 2,5cm dan seukuran buah jeruk dengan posisi di dalam panggul.

Ketika usia janin memasuki minggu ke-11, disarankan Anda mengonsumsi serat dan minum banyak air karena biasanya Anda akan mengalami sembelit. Jika Anda tidak yakin, konsultasikan dengan dokter. Pada minggu ini, organ bayi sudah terbentuk semua. Dan di akhir trisemester pertama, morning sick akan sedikit berkurang. Dan juga kepala janin membulat, kelopak mata juga terbentuk. Juga, dengan bantuan detektor jantung janin, Anda sudah bisa merasakan detak jantung janin.

 

BFI15020203

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY