Yang Menjadi Pantangan Ibu Hamil Muda

Yang Menjadi Pantangan Ibu Hamil Muda

174
0
SHARE
Yang Menjadi Pantangan Ibu Hamil Muda
Source: Vemale

KabarFemale — Anak adalah amanah Tuhan, maka kita harus menjaganya sebaik mungkin, sejak ia berada di dalam kandungan. Persiapan harus sudah dilakukan sejak anak masih berada di dalam rahim. Kadang kita tidak menyadari melakukan sesuatu yang bisa membahayakan kehamilan. Pada ulasan berikut ini kami berikan daftar pantangan ibu hamil muda agar para calon ibu dapat menjaga kehamilannya dengan lebih hati-hati.

Beberapa pantangan ibu hamil muda yang perlu ditaati, di antara lain:

  • Mengenakan hak tinggi.

Penggunaan hak tinggi jadi salah satu pantangan ibu hamil muda karena bisa menyebabkan perenggangan otot di area pinggang. Saat kehamilan mengubah bentuk tubuh, sehingga tubuh cenderung menekuk ke depan, jika wanita hamil menggunakan sepatu dengan hak tinggi, perenggangan punggung dan pinggang akan terjadi dan menyebabkan nyeri yang lebih berat.

  • Penggunaan lotion anti nyamuk.

Produk anti nyamuk mengandung bahan kimia kelompok pestisida. Efek samping dari bahan kimia ini bisa memicu kerusakan saraf. Semprot anti nyamuk bahkan mengandung kerosene yang bisa mengakibatkan kerusakan ginjal pada janin. Anti nyamuk dalam bentuk lotion mengandung material korosif dan bisa terserap ke kulit sehingga menjadi racun di tubuh. Anti nyamuk bakar bisa mengganggu pernafasan. Jadi penggunaan anti nyamuk baik dalam bentuk semprot, cairan, elektrik, atau lotion tidak disarankan bagi wanita hamil.

  • Berkendara di jalan yang rusak.

Saat hamil muda, wanita sebaiknya tidak mengendarai mobil atau motor. Walaupun dalam kehamilan tidak bermasalah, wanita hamil masih dibolehkan berkendara, tapi perhatikan jarak dan durasi mengemudi serta kondisi jalan yang dilewati. Wanita hamil tidak boleh mengemudi kendaraan bermotor melewati jalan yang buruk karena bisa mengakibatkan guncangan. Guncangan bisa menimbulkan trauma kehamilan. Jalan yang tidak rata juga bisa mengakibatkan otot pinggang, punggung, perut, dan paha merenggang sehingga wanita hamil merasa lelah lebih cepat. Kurangi kecepatan ketika melewati jalan yang buruk atau cari rute lain yang lebih aman.

  • Mengonsumsi obat tanpa resep dokter.

Tidak semua wanita mengetahui obat mana yang aman dan mana yang tidak. Anda perlu mengonsultasikannya pada dokter, karena obat yang dikonsumsi wanita hamil bisa masuk ke plasenta dan sirkulasi janin. Beberapa jenis obat bahkan bisa tersekresi melalui ASI sehingga tingkat sirkulasi ke bayi mirip dengan tingkat aliran darah ibu yang pada beberapa kondisi tertentu bisa membahayakan bayi.

BFI150303(30)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY