Yang Menjadi Kecemasan Orangtua (2)

Yang Menjadi Kecemasan Orangtua (2)

133
0
SHARE
Yang Menjadi Kecemasan Orangtua (2)
Source: shutterstock

KabarFemale—Berikut ini lanjutan informasi tentang hal yang selalu membuat orangtua merasa khawatir.

Gaya anak
Baju itu terlihat bagus di majalah, tapi kini setelah dipakai si kecil, sudah penuh lumuran coklat dan cat serta tidak terlihat menarik lagi. Jepit rambut terlihat lucu di etalase toko, tapi anak Anda menolak untuk menyisir rambutnya lebih dulu. Tak peduli betapa bagusnya pakaian yang Anda beli untuk anak, kadang ia hanya ingin keluar rumah dengan kaos lusuhnya. Tak masalah, biarkan saja. Yang penting anak merasa senang, berpetualang, dan menikmati masa kanak-kanaknya yang indah.

Perilaku sesuai usia
Orangtua menghabiskan waktu untuk merasa cemas tentang perilaku yang sesuai dengan anak. Bayi suka merampas, bukan berarti ia berperilaku buruk atau kelak akan menjadi kriminal, ia hanyalah seorang bayi. Batita kadang tantrum, bukan berarti Anda ibu yang jahat, ini adalah perilaku yang wajar pada batita. Anak berusaha untuk mandiri, ini penting untuk perkembangan otak, belajar, dan tumbuh-kembangnya. Bukan berarti Anda melakukan hal buruk atau ia membenci Anda. Lihat semua yang Anda lakukan sebagai kesempatan untuk mengajarkan anak sesuatu yang baru, meski pelajaran itu harus diajarkan lagi dan lagi. Kita belajar dari pengulangan dan apa yang kita lihat.

Yang orang lain pikirkan
Salah-satu aspek tersulit menjadi orangtua adalah berkaitan dengan pandangan orang tentang gaya pengasuhan kita. Kadang pendapat orang yang tidak Anda kenal menjadi sangat penting. Abaikan pendapat yang tidak perlu dan jujurlah pada anak dan diri sendiri. Siapa yang peduli jika wanita yang Anda tidak kenal menganggap Anda tidak bisa mengontrol perilaku tantrum anak? Mereka tidak mengenal Anda, dan gaya pengasuhan Anda tidak akan berpengaruh pada masa depan mereka. Jadilah orangtua yang Anda inginkan, tak peduli siapa yang melihatnya.

Uang
Kecemasan finansial membuat sebagian kita kekurangan tidur. Berapapun uang yang Anda miliki, Anda tetap berharap memiliki lebih. Ada saja pengeluaran yang membutuhkan uang. Daripada menghabiskan waktu mengkhawatirkan hal yang Anda tidak bisa lakukan atau beli, fokus saja pada hal yang Anda bisa. Nikmati apa yang Anda miliki. Memori indah akan lebih berharaga dari materi. Karena memori akan tetap ada bersama Anda selamanya.

Masa depan
Orang bijak berkata, bila Anda hidup di masa lalu, Anda akan depresi, bila Anda hidup di masa datang Anda akan merasa cemas, tapi bila Anda hidup di masa sekarang, hidup akan lebih tenang. Anda tidak akan pernah tahu seperti apa masa depan. Cemas tentang masa depan sama saja dengan membuang waktu, jadi fokus saja pada saat ini. Jalani masa sekarang sebaiknya agar di masa depan Anda tidak menyesalinya. Rencanakan masa depan tapi jangan membuat Anda tidak bisa tidur. Jika butuh bantuan, lakukan meditasi, untuk menenangkan pikiran.

Semua orangtua pasti mencintai anaknya, dan berusaha melakukan yang terbaik yang kita bisa dengan apa yang kita miliki. Dengan tidak cemas dengan hal-hal yang telah disebutkan di atas, Anda bisa lebih meninkmati momen bersama anak, yang akan berlalu sangat cepat. Jangan terlalu cemas, semua akan baik-baik saja.

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY