Yang Bisa Anda Lakukan di Ruang NICU (2)

Yang Bisa Anda Lakukan di Ruang NICU (2)

139
0
SHARE
Yang Bisa Anda Lakukan di Ruang NICU (2)
Source: family.fimela.com

KabarFemale—Berikut ini lanjutan informasi tentang hal yang bisa orangtua lakukan saat bayi dirawat di ruang NICU:

Terima tawaran bantuan
Ada alasan orang ingin membantu orangtua yang bayinya berada di NICU, ini karena Anda membutuhkannya. Daripada berada di sana tanpa daya, mereka bisa membuat hidup Anda lebih mudah ketika Anda membutuhkannya. Biarkan mereka membantu merapikan rumah, memasak makanan dan mencuci pakaian. Biarkan mereka mengasuh anak Anda yang lain, membawakan buku, dan memberi tumpangan ke rumah sakit. Tak ada yang merasa Anda harus melakukan semuanya seorang diri.

Mengurus anak yang lain
Anak Anda yang lain tidak berada di NICU, tapi mereka tetap membutuhkan Anda. Pastikan Anda menghabiskan waktu tiap hari bersama mereka. Jika Anda ingin dekat ke rumah sakit, minta teman atau anggota keluarga untuk membawa anak-anak ke rumah sakit agar Anda bisa makan siang bersama mereka di kantin. Jika bayi di rumah sakit yang jauh dari rumah, dan Anda tinggal di hotel dekat sana, pastikan Anda punya waktu untuk menelepon ke rumah tiap hari.

Menggendong bayi, kontak kulit dengan kulit
Ketika bayi cukup kuat untuk digendong, lakukan kontak kulit dengan kulit. Cara ini tidak hanya untuk ibu, ayah bisa melakukan hal yang sama. Kontak kulit dengan kulit dapat membantu pernafasan bayi, mengatur suhu tubuh, saat menyusui, dan menjalin ikatan batin.

Merayakan tumbuh-kembang yang dicapai bayi
Bayi prematur memiliki banyak pertumbuan dan perkembangan yang dicapai, dan Anda perlu merayakan tiap kali ia mencapainya. Mungkin ini hal sepele, tapi bayi Anda berusah keras untuk mencapainya, dan Anda mendukungnya jadi rayakan tiap tumbuh-kembang yang ia raih.

Membuat dokumentasi
Ambil banyak foto bayi baru lahir Anda. Rayakan tiap perkembangannya dengan foto, dokumentasikan saat ia berada di NICU. Anda akan terkejut betapa cepat semua ini berlalu, jadi pastikan menulis momen ini ketika masih segar dalam ingatan Anda. Pastikan ada sesuatu yang bisa ia lihat ketika sudah besar nanti, foto atau catatan dari permulaan kehidupannya.

Merawat diri
Pastikan Anda makan, tidur, dan beristirahat. Mudah untuk lupa kebutuhan sendiri ketika Anda sibuk merawat orang lain. Tapi Anda juga perlu makan, minum, dan beristirahat untuk memberikan perawatan terbaik untuk si kecil, dan Anda tidak tahu berapa lama ini akan berlangsung. Pentingya merawat diri bagi orangtua yang bayinya di NICU tidak bisa dianggap sepele.

Istirahat untuk diri sendiri
Anda tidak perlu berada di NICU 24 jam. Tak apa istirahat sekali dua kali, untuk sekedar jalan-jalan di sekitar area rumah sakit atau bertemu teman untuk minum kopi. Jangan merasa bersalah ketika keluar ruang NICU untuk merawat diri sendiri. Bawa keindahan dunia luar ketika kembali ke NICU ke bayi Anda.

AFI150301

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY