Yang Bisa Anda Lakukan Di Ruang NICU (1)

Yang Bisa Anda Lakukan Di Ruang NICU (1)

141
0
SHARE
© redlandshospital

KabarFemale—Anda menjadi orangtua baru, tapi si kecil harus dirawat di ruang NICU. Seolah hidup berubah mirip rollercoaster, ada emosi, ketegangan fisik dan psikologis seiring munculnya rasa khawatir dan takut.

Anda mungkin bertanya apa yang bisa Anda lakukan saat duduk di sisi inkubator bayi. Memang tak ada yang berharap hal ini terjadi tapi berikut ini kami berikan daftar yang bisa Anda lakukan untuk melewati fase ini.

Anda yang menjadi orangtua

Ketika bayi dirawat di ruang NICU, kadang orangtua merasa tidak percaya diri. Anda merasa takut menyentuh bayi atau khawatir akan menyakitinya. Anda bisa meminta perawat atau dokter untuk membantu.

Anda memang tidak di rumah dan merasa nyaman di atas sofa bersama si kecil, tapi Anda tetap orangtuanya. Bayi mengenali bau Anda, menyukai suara Anda, dan merasa aman di gendongan Anda. Jangan takut bertanya ke dokter apakah Anda boleh mengganti popok bayi dan memandikannya.

Berlatih metode kangguru

Metode kangguru berarti bayi prematur atau bayi dengan berat badan rendah berbaring di posisi tegak pada dada ayah atau ibu agar terjadi kontak kulit dengan kulit. Bayi harus telanjang dan punggungnya tertutup agar ia tidak kedinginan.

Menyusui, jika memungkinkan

Bila bayi lahir dini, tubuh Anda memproduksi ASI yang dirancang khusus untuk memberi nutrisi pada bayi prematur. Menakjubkan bukan? Bayi akan mendapat kekebalan dan membantunya melawan infeksi dari ASI.

Membacakan buku untuk bayi

Salah-satu hal terburuk ketika bayi di ruang NICU adalah Anda merasa kehilangan, merasa tidak menjadi orangtua normal. Memang ada hal yang tidak bisa Anda lakukan untuk bayi saat ini tapi berapapun usia bayi, Anda tetap bisa membacakan buku untuknya. Bacakan buku dan cerita untuknya setiap hari, jadikan ini sebagai rutinitas. Ini tidak hanya membantu menenangkan bayi oleh suara Anda, tapi juga membuat Anda menjadi lebih dekat dengannya.

Jangan takut bertanya

Istilah medis kadang membingungkan dan mungkin Anda tidak memahami apa yang dijelaskan dokter. Tapi jangan takut bertanya. Catat istilah yang tidak Anda mengerti, dan minta klarifikasi dari dokter. Bila dokter mengatakan sesuatu yang tidak Anda pahami, minta ia untuk memberi penjelasan lebih detail.

Selalu menemani bayi

Bayi Anda ingin Anda bersamanya sesering mungkin. Memang sulit untuk dihadapi, tapi jangan menjauh dari rumah sakit atau sibuk dengan hal lain. Anda harus menerima kalau saat ini NICU menjadi rumah sementara untuknya tapi ia akan merasa lebih mudah melewatinya jika Anda bersamanya.

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY