Vitamin Utama Untuk Bayi

Vitamin Utama Untuk Bayi

178
0
SHARE
Source: kompas

KabarFemale—Kebanyakan bayi memperoleh vitamin yang dibutuhkan dari makanan yang mereka makan. Tapi bayi yang lahir prematur atau mengalami masalah kesehatan bisa mendapat manfaat dari suplemen vitamin harian. Vitamin penting untuk tubuh agar tulang menjadi kuat, gigi sehat, dan mencegah anemia.

Vitamin untuk bayi yang sesuai untuk anak Anda bergantung pada masalah kesehatan tertentu. Bila anak Anda tidak memiliki masalah kesehatan, multivitamin sederhana sudah cukup. Tapi beberapa bayi membutuhkan lebih dari ini, misalnya bayi yang diberi makanan vegetarian kemungkinan membutuhkan lebih banyak vitamin B12 dan D, juga riboflavin dan kalsium.

Berikut beberapa suplemen vitamin paling umum untuk bayi dan kapan Anda perlu menggunakannya:

Vitamin D
Sumber terbaik vitamin D ada pada sinar matahari di kulit, tapi tentu kita perlu melindungi bayi dari sinar matahari. Sumber vitamin D lain berupa ikan dan telur. Beberapa jenis sereal juga mengandung vitamin D.

Vitamin A
Untuk mendapat vitamin A untuk anak, carilah sumber yang alami seperti produk susu, wortel, ketela, mangga, dan sayuran berwarna hijauh gelap. Vitamin A baik untuk membantu penglihatan, kulit yang sehat, dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Vitamin C
Cukup mudah untuk memperoleh vitamin C melalui makanan. Anak yang makan banyak buah jeruk, stroberi, kiwi, tomat, dan brokoli mendapat vitamin C lebih banyak dari makanan secara alami.

Zat besi
Zat besi jadi vitamin paling penting untuk bayi. Zat besi membantu mencegah keterlambatan perkembangan, masalah belajar dan perilaku, dan beberapa penyakit fisik. Bayi biasanya bisa mendapat banyak zat besi dari ASI atau susu formula, dan lalu dari sereal fortifikasi. Yang perlu diingat, bayi prematur sering kali membutuhkan suplemen zat besi.

DHA
DHA penting untuk perkembangan otak dan mata. Bila ibu memperoleh cukup DHA dari makanan, maka bayi akan mendapat DHA yang cukup juga melalui ASI. Susu formula juga diperkaya dengan DHA. Ibu yang tidak mendapat cukup asam lemak bisa minum supelemen untuk memastikan kecukupan bagi bayi, terutama bila ibu seorang vegetarian.

Florida
Ketika gigi bayi pertama muncul, waktunya untuk memberi florida. Coba berikan bayi air berflorida, karena suplemen ini bisa memicu noda gigi permanen bahkan pada gigi orang dewasa. Bila bayi tidak mendapat florida dari air yang ia minum, bicarakan pada dokter tentang suplemen yang sesuai.

AFI150701

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY