Vitamin Dan Mineral Sebagai Gizi Ibu Hamil

Vitamin Dan Mineral Sebagai Gizi Ibu Hamil

434
0
SHARE
Vitamin Dan Mineral Sebagai Gizi Ibu Hamil
Source : babycenter.fr

KabarFemale—Selamat untuk kehamilan Anda! Sekarang Anda makan untuk diri sendiri dan si janin. Meski demikian, Anda hanya perlu meningkatkan asupan kalori menjadi 500 kalori. Panduan berikut ini akan membantu Anda memilih variasi makanan sehat untuk Anda dan janin agar mendapat semua gizi ibu hamil yang dibutuhkan.

Panduan harian untuk makanan sehat penambah gizi ibu hamil

Kalsium. Kalsium menjadi bagian dari gizi ibu hamil yang dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga membuat darah membeku secara normal, saraf berfungsi sebagaimana mestinya, dan jantung berdetak normal. Wanita hamil dan menyusui membutuhkan 1000 mg kalsium per hari. Sedangkan wanita usia kurang dari 19 tahun membutuhkan 1300 mg per hari. Anda bisa konsumsi 4 sajian produk susu atau makanan kaya kalsium. Produk turunan susu menjadi sumber kalsium terbaik.

Asam folat. Asam folat digunakan untuk menghasilkan darah tambahan yang dibutuhkan tubuh selama hamil. Wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat per hari. Jumlah ini termasuk dalam vitamin pranatal Anda. Sebesar 70 persen cacat tabung saraf bisa dihindari dengan asupan asam folat yang cukup.

Zat besi. Zat besi menjadi bagian penting dari sel darah merah, yang membawa oksigen ke tubuh. Zat besi akan membantu ketahanan terhadap stres dan penyakit, juga menghindari kelelahan, lemah, dan depresi. Wanita hamil harus menerima 27 mg zat besi per hari dari makanan dan vitamin pranatal.

Vitamin A. wanita hamil disarankan mendapat 770 mikrogram vitamin A per hari. Makanan yang kaya vitamin A antara lain, sayuran berwarna hijau, kekuningan, atau jingga seperti wortel atau ketela serta susu.

Protein. Protein menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Protein dibutuhkan untuk energi dan membangun serta memperbaiki bagian tubuh terutama otak, otot, dan darah. Wanita hamil perlu tambahan protein untuk pertumbuhan janin. Tiap orang membutuhkan jumlah protein berbeda bergantung kondisi masing-masing. Wanita dengan berat badan 150 pound membutuhkan 75 gram protein per hari. Pilih variasi makanan yang kaya protein seperti makanan laut, daging unggas, telur, dan produk kedelai.

Anda akan membutuhkan tambahan 200 hingga 300 kalori dari makanan yang kaya nutrisi seperti daging, produk susu rendah lemak, sayur, dan buah. Selalu berhati-hati pada makanan yang Anda konsumsi selama hamil. Kehamilan menjadi waktu untuk makan makanan yang lebih banyak nutrisinya, dan mengurangi pemanis.

BFI15030322

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.