Varises Selama Hamil

Varises Selama Hamil

660
1
SHARE
© blogcdn

RajaNego—Memang tidak indah dilihat, tapi varises selama hamil biasanya tidak berbahaya. Pembuluh darah yang bengkak dan membesar terutama ditemukan di bagian kaki, tapi bisa muncul dimana saja di bagian bawah tubuh, bahkan di dubur atau kemaluan. Bahkan hemoroid merupaan varises yang terjadi di sekitar area dubur. Ketika muncul bengkak di permukaan kulit, tercipta gumpalan berwarna keunguan yang tidak suka dilihat sebagian wanita.

Volume darah berlebih yang Anda produksi selama hamil penting untuk mendukung perubahan tubuh Anda dan perkembangan janin. Tapi ini juga memberi tekanan pada pembuluh darah, terutama pembuluh di kaki, yang harus bekerja melawan gravitasi untuk mendorong semua darah ke atas menuju jantung. Selain itu, rahim juga menekan pembuluh darah panggul. Anda akan mengalami varises sekitar minggu 29 kehamilan.

Anda mungkin tidak menyukai tampilan varises, terasa gatal atau sakit tapi ini tidak membuat Anda dan bayi dalam resiko. Pada kebanyakan kasus, jika Anda tidak mengalaminya sebelum hamil, varises akan menyusut atau menghilang dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Berita buruknya, jika memiliki bayi lagi, tidak ada cara untuk mencegah varises.

Varises yang sama akan muncul kembali. Dan seperti gejala kehamilan lainnya, termasuk stretch marks, varises cenderung karena faktor keturunan, jadi jika ibu Anda mengalaminya selama hamil, Anda kemungkinan akan mengalaminya juga. Ada kemungkinan kecil varises mengakibatkan peradangan, bisa juga mengindikasikan pembekuan darah, jadi pastikan kondisi Anda diketahui dokter.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan berkaitan dengan varises selama hamil:

  • Jaga darah tetap mengalir. Tinggikan kaki ketika duduk. Lenturkan mata kaki, dan jangan duduk dengan menyilangkan kaki.
  • Selalu bergerak. Olahraga menjadi kunci untuk mencegah varises, jadi lakukan jalan kaki setiap hari atau lakukan latihan sirkulasi.
  • Selalu merasa nyaman. Pastikan Anda mengenakan pakaian termasuk pakaian dalam yang sesuai dan tidak ketat, terutama di sekitar atas kaki. Jangan kenakan sabuk atau kaos kaki dengan bagian elastis yang terlalu ketat, juga hindari sepatu yang terlalu sempit.
  • Awasi berat badan. Jaga berat badan selama hamil sesuai rekomendasi Dokter.
  • Tidur miring ke kiri. Ini membantu menghindari tekanan pada pembuluh darah utama dan menjagai sirkulasi tetap lancar.
  • Jangan mengejan. Mengangkat beban berat dan mengejan ketika buang air besar bisa membuat varises semakin terlihat.
  • Jaga asupan vitamin harian. Terapkan pola makan seimbang saat hamil. Pastikan Anda mendapat banyak makanan dengan kandungan vitamn C. Tubuh menggunakan vitamin C untuk memproduksi kolagen dan elastin (jaringan penghubung yang memperbaiki dan menjaga pembuluh darah).

Bila varises tidak juga hilang setelah bayi lahir, Anda bisa menjalani pengobatan atau pembedahan untuk menghilangkannya, tapi tidak selama hamil.

 

AFI150201

1 COMMENT

  1. beberapa hari terakhir aku dnaegr tentang hal ini di radio lokal sini Din, membaca postinganmu ini jadi lebih jelas lagi tentang apa SOPA itu, thanks ya

LEAVE A REPLY