Tumbuh Kembang Bayi: Apa yang Bayi Lakukan Dan Kapan (1)

Tumbuh Kembang Bayi: Apa yang Bayi Lakukan Dan Kapan (1)

164
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Setiap bayi mencapai tumbuh kembang dengan caranya sendiri. Jadi Anda tidak perlu takut jika bayi Anda tidak mengikuti panduannya. Tapi perlu juga membicarakannya pada dokter jika Anda cemas atau bayi melewatkan tumbuh kembang yang penting. Bila ada satu tumbuh kembang yang tertinggal, bicarakan pada dokter,kemungkinan semua akan baik-baik saja. Tapi bila anak tidak mencapai banyak tumbuh kembang seperti tidak tersenyum dan tidak berguling, misalnya, maka akan ada sedikit kekhawatiran.

Berikut ini tumbuh kembang bayi secara umum:

Tidur sepanjang malam
Umumnya setelah usia 4 bulan bayi seharusnya tidur setidaknya 6 hingga 8 jam tanpa menyusu. Dan pada usia 6 bulan bayi bisa tidur 8 hingga 10 jam tanpa menyusu. Perlahan mulailah perpanjang waktu jeda antara tiap sesi menyusu di malam hari. Dan jangan terburu mengangkat bayi saat ia menangis di malam hari. Ia perlu belajar bila ia terbangun di malma hari, ia tidak butuh bantuan Anda untuk membuatnya kembali tidur. Bila bayi tidak tidur di malam hari dalam 6 hingga 8 jam, mungkin karena Anda menyusuinya terlalu sering di malam hari.

Merangkak
Bayi harus mulai merangkak antara usia 6 hingga 9 bulan. Beri bayi banyak waktu tengkurap dan bermain di lantai. Ikutlah bersamanya bermain di lantai dan tunjukkan mainan dengan warna cerah, gerakkan mainan sedikit menjauh darinya agar ia bergerak menuju mainannya.

Jangan cemas bila bayi belum juga merangkak. Banyak ahli menganggap merangkak bukan sebagai tumbuh kembang, karena banyak bayi yang tidak merangkak. Merangkak bisa diartikan sebagai cara bayi berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Ia bisa saja berguling atau menggeliat, bukan harus dengan merangkak dengan dua tangan dan dua lutut seperti yang dianggap kebanyakan orangtua.

Berguling
Kebanyakan bayi berguling ketika berusia 3 bulan, tapi rata-rata biasanya pada 4 hingga 6 bulan. Awalnya ia berguling dari depan ke belakang lalu berguling kembali ke depan. Sering kali bayi terhimpit dan tidak bisa bergerak lalu menangis. Karenanya hindari meninggalkan bayi sendiri di permukaan yang tidak rata karena bayi sudah cukp banyak bergerak yang bisa membuatnya terjatuh. Bila bayi tidak berusaha berguling pada usia 6 bulan, beritahukan pada dokter anak. Kadang bayi hanya perlu waktu lebih lama.

AFI150401

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY