Cara Menghibur Anak Usia TK

Cara Menghibur Anak Usia TK

296
0
SHARE
© domain.com.au

KabarFemale—Anak-anak terlihat terlalu muda untuk memiliki banyak masalah, tapi anak usia TK bisa mengalami stres. Ketika ada hal yang mengganggu, biasanya tentang teman atau sekolah, mereka menjadi tidak gembira.

Orangtua mungkin menganggap masalah anak bisa teratasi dengan es krim, TV, atau video games. Tapi ada cara lebih baik untuk membuat mereka terhibur. Anda tentu tidak mau mengajari mereka membeli kebahagiaan.

Yang Anda inginkan adalah memberi mereka keterampilan untuk membantu mengatasi rasa sedih atau marah. Jangan mengajarkan anak beralih ke kotak es krim saat mengalami masalah di sekolahnya. Melakukan ini bisa mengarah pada penambahan berat badan yang tidak sehat. Coba solusi sehat berikut ini:

Bermain bersama

Ketika anak merasa jengkel dengan temannya di sekolah, habiskan waktu bersamanya. Anak sangat membutuhkan perhatian dari orangtua. Ini membuat mereka sadar kalau mereka dicintai dan istimewa. Salah-satu cara terbaik untuk bermain adalah melakukan sesuatu yang aktif. Berjalan kaki atau bersepeda bersama, misalnya. Ajarkan pada anak bahwa olahraga dapat meringankan stres dan membuatnya merasa lebih baik.

Bicarakan

Anak pada usia ini sering menghadapi masa sulit menggunakan kata untuk menggambarkan apa yang ia rasakan. Anak-anak tidak mampu memberitahu kalau mereka “kecewa” atau “frustasi.” Anak hanya tahu kalau mereka sedang tidak gembira. Anda bisa membantu si kecil mengungkapkan perasaan. Anda bisa katakan; “Kayanya Ade lagi sedih ya karena Bia ga mau main bareng?” atau “Ade pasti ga seneng Tia ga mau temenan sama Ade.”

Sebagai orangtua, jangan menganggap sepele emosi anak. Bila anak berkata ia merasa sedih, takut, atau marah, Anda harus duduk dan membicarakannya. Ini berarti Anda menanggapi perasaannya dan ia merasa mendapat dukungan.

Lalu, bicarakan apa yang bisa anak lakukan untuk merasa lebih baik di situasi yang sama di lain waktu. Kemudian beritahu bagaimana cara agar merasa lebih baik dengan, “Ayo jalan keliling komplek, yuk.” Ajarkan kalau bergerak membuatnya merasa lebih baik.

Beri waktu untuk sendiri

Anak terbiasa dengan suara barang elektronik, permainan, dan anak lain. Kadang anak butuh waktu untuk sendirian, untuk membantunya merasa rileks dan tenang. Setelah bicara, biarkan anak punya waktu tenang. Anak tidak boleh lebih dari 2 jam menonton TV, bermain komputer, atau video games. Terlalu lama bersama benda-benda ini akan membuat anak tidak aktif.

 

AFI150201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY