Tips Sehat Alami: Minum Teh Dan Manfaatnya

Tips Sehat Alami: Minum Teh Dan Manfaatnya

283
0
SHARE
source : detikindonesia.com

KabarFemale—Tips sehat alami kali ini tentang minum teh. Selama ribuan tahun teh dianggap sebagai kunci kesehatan, kebahagiaan, dan menarik perhatian para peneliti yang menemukan banyak manfaat dari berbagai jenis teh.

Tips sehat alami tentang manfaat teh

Tips sehat alami tentang teh berdasarkan penelitian yang telah menemukan kalau beberapa jenis teh bisa membantu mengatasi kanker, penyakit jantung, dan diabetes, membantu penurunan berat badan, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kewaspadaan mental. Teh juga memiliki kualitas antimibkrobial.

Sepertinya tidak ada efek buruk dari teh. Teh jadi alternatif yang baik dari minum kopi. Teh memiliki kandungan kafein lebih sedikit. Flavonoid pada teh baik untuk jantung dan mengurangi kanker. Meski banyak pertanyaan tentang seberapa lama teh perlu direndam untuk memperoleh manfaat maksimalnya dan seberapa banyak perlu diminum, ahli gizi meyakini kalau teh manapun baik. Tapi lebih baik pilih teh seduh daripada botolan untuk menghindari kalori dan pemanis berlebih.

Manfaat kesehatan teh hijau, hitam, dan putih
Teh adalah nama yang diberikan untuk semua seduhan tapi hanya teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong, yang menjadi seduhan sebenarnya. Semuanya berasal dari tanaman Camellia sinensis, yang asalnya dari Cina dan India. Semua jenis teh ini mengandung antioksidan unik yang disebut flavonoids. Kandungan ECGC bisa membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker, penyakit jantung, dan arteri tersumbat.

Semua teh ini punya kandungan kafein dan theanine, yang mempengaruhi otak. Semakin daun teh diproses, biasanya kandungan polyphenol jadi berkurang. Plyphenol termasuk flavonoids. Teh oolong dan teh hitam difermentasi dan dioksidasi, jadi konsentrasi polyphenol lebih rendah dibanding teh hijau, tapi kekuatan antioksidasinya masih tinggi.
Berikut yang ditemukan peneliti tentang manfaat kesehatan dari teh:

Teh hijau. Dibuat dari daun teh rebus, memiliki konsentrasi EGCG tinggi. Antioksidan pada teh hijau bermanfaat untuk kandung kemih, payudara, paru-paru, perut, pankreas, dan kanker colorektal, mencegah penyumbatan arteri, membakar lemak, mengurangi resiko gangguan neurologikal seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson, menurunkan resiko stroke, dan meningkatkan kolesterol.

Teh hitam. Dibuat dari teh hijau fermentasi, teh hijau memiliki kafein kandungan tertinggi dan membentuk rasa teh dasar seperti chai. Penelitian telah menunjukkan kalau teh hitam bisa melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan asap rokok, juga mengurangi resiko stroke.

Teh putih. Tidak difermentasi. Satu penelitian menunjukkan kalau teh putih memiliki lebih banyak kandungan antikanker dibanding teh yang diproses.

– Teh Pu-erh, dibuat dari daun fermentasi dan tua. Dianggap sebagai teh hitam. Penelitian menunjukkan kalau binatang yang diberi teh pu-erh kurang menambah berat badan dan kolesterol LDL berkurang.

AFI150901(2)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY