Tips Persiapan Menjelang Persalinan

Tips Persiapan Menjelang Persalinan

571
0
SHARE
Tips Persiapan Menjelang Persalinan
Source : persilandcomfort.co.uk

KabarFemale – Apa yang sudah Anda lakukan untuk persiapan menjelang persalinan? Ketika sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga, wanita hamil biasanya sudah merasa cemas dan khawatir. Apalagi jika Anda sudah memasuki kehamilan bulan kesembilan, Anda sudah harus mempersiapkan berbagai hal. Tidak hanya persiapan fisik, Anda juga harus mempersiapkan mental. Juga jangan lupa untuk meminta dukungan dari orang terdekat agar Anda makin nyaman dan tidak cemas saat melahirkan.

Persiapan Menjelang Persalinan yang Paling Penting

Yang paling dibutuhkan oleh wanita hamil ketika menjelang hari persalinan adalah ketenangan. Biasanya menjelang persalinan akan timbul perasaan tidak menentu sehingga wanita hamil mengalami stres. Jika stres melanda, kelangsungan persiapan menjelang persalinan bisa terganggu. Nah, agar persalinan lancar ada beberapa tips yang kami sarankan :

Mental. Penting sekali mempersiapkan mental untuk menjelang persalinan. Anda perlu mengusir rasa cemas, khawatir dan stres agar Anda bisa melewati proses kelahiran sang bayi dengan lancar. Stres atau mental yang buruk bisa membuat proses kelahiran terganggu. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai mengatur mood dan stres yang nyaman.

Tempat Persalinan. Jangan lupa untuk mencari rumah sakit bersalin yang dekat dengan lingkungan Anda tinggal. Dengan begitu, Anda tidak akan cemas jika waktu kelahiran tiba-tiba datang. Jika bisa, Anda bisa melakukan pemesanan kamar bersalin untuk hari kelahiran nanti. Memilih kamar bersalin yang  nyaman bisa mendukung kenyamanan saat melahirkan.

Perlengkapan bayi dan ibu. Yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan perlengkapan ibu dan bayi selama setelah melahirkan. Mulai dari baju hingga makanan sudah harus Anda persiapkan. Dan juga jangan lupa untuk membawa perlengkapan bayi seperti popok, selimur, bantal dan perlengkapanlainnya. Anda juga bisa mempersiapkan pompa ASI jika dirasa nantinya akan bermasalah dengan ASI.

Dukungan Keluarga. Penting juga untuk mempersiapkan dukungan dari keluarga dan teman dekat. Dengan mendapatkan dukungan positif dari orang terdekat Anda akan merasa yakin dan nyaman untuk melahirkan nantinya. Anda juga tidak akan merasa sendirian ketika seusai melahirkan nantinya.

Jika Anda sudah mempersiapkan hal-hal di atas, Anda tinggal mempersiapkan fisik untuk siap melahirkan di hari kelahiran. Tenangkan diri dengan yoga atau meditasi dan lakukan latihan pernafasan. Kalau sudah begitu, berdoa juga agar proses persalinan berjalan lancar. Minta suami untuk mendampingi Anda ya!
BFI15030262

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY