Tips Menjaga Kehamilan pada Fase Kehamilan Trimester Pertama

Tips Menjaga Kehamilan pada Fase Kehamilan Trimester Pertama

188
0
SHARE
Tips Menjaga Kehamilan pada Fase Kehamilan Trimester Pertama
Source : healthmeup.com

KabarFemale—Kehamilan memang menjadi satu hal yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Pada fase kehamilan trimester pertama memang tanda-tanda kehamilan belum terlalu terlihat. Namun kehamilan dimuali setelah berhentinya menstruasi. Untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan lebih dini Anda bisa mulai menggunakan alat bantuan seperti testpack, atau langsung pergi ke dokter kehamilan maupun bidan kepercayaan Anda.

Penting Untuk Fase Kehamilan Trimester Pertama

Pada fase kehamilan trimester pertama mungkin memang belum terlalu rentan, akan tetapi Anda tetap harus menjaganya mulai dari awal Anda dinyatakan positif hamil hingga nanti menjelang pra persalinan. Karena hal ini sangat menentukan keberhasilan dari kehamilan Anda. Berikut adalah tips menjaga kehamilan pada fase kehamilan trimester pertama:

1. Pastikan asupan nutrisi terpenuhi

Tips menjaga kehamilan pada fase kehamilan trimester pertama adalah dengan selalu memastikan bahwa kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi dengan seimbang. Meskipun pada masa ini Anda merasa sangat tidak nyaman dengan gejala morning sickness yang sering membuat Anda menjadi malas makan. Namun Anda tetap harus menjaga keseimbangan kebutuhan nutrisi Anda selama hamil. Mulai trimester pertama Anda suah harus mengurangi konsumsi asupan kafein dan bahan-bahan pengawet, karena hal ini juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan janin Anda.

2. Atur jadwal kerja dengan baik

Tips yang kedua adalah, mulailah untuk mengatur jadwal kerja Anda. Hal ini dikarenakan perubahan kondisi tubuh Anda juga akan mempengaruhi pola pekerjaan Anda. Mulailah untuk mengurangi pekerjaan-pekerjaan berat dan jangan memforsir tubuh Anda. Karena Anda akan menjadi merasa mudah lelah. Jika memang Anda sudah merasa lelah, maka berhentilah segera untuk istirahat. Jangan memaksakan dengan banyak memikirkan pekerjaan karena hal ini akan memicu stress. Dan bila tingkat stres berlebihan maka akan memicu kontraksi pada rahim yang akan mendorong terjadinya keguguran.

3. Kontrol tingkat emosi Anda

Pada fase kehamilan trimester pertama, biasanya tingkat emosi Anda akan sangat fluktuatif. Anda tiba-tiba saja bisa berubah menjadi seperti naga, namun beberapa saat kemudian berubah menjadi seperti sangat bahagia. Namun pada masa-masa hamil muda Anda akan lebih mudah terserang peningkatan emosi, jika Anda tidak mengontrolnya dengan baik maka hal ini dapat memicu hipertensi yang dapat mempengaruhi perkembangan kehamilan Anda.

4. Rutin konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan
Buatlah jadwal rutin untuk berkunjung ke dokter atau bidan yang Anda percaya. Dengan begitu Anda akan selalu dapat memantau perkembangan kehamilan dan janin Anda dan memastikan bahwa semuanya dalam keadaan baik-baik saja.

BFI15030130

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY