Tips Memilih Susu untuk Ibu Hamil

Tips Memilih Susu untuk Ibu Hamil

213
0
SHARE
Tips Memilih Susu untuk Ibu Hamil
Source: Packaging-gateway

KabarFemale – Ketika hamil, wanita memerlukan asupan yang baik untuk dirinya dan juga untuk bayi dalam kandungannya. Makanan sehat atau juga susu adalah asupan yang dibutuhkan oleh ibu hamil selama kehamilan. Anda pasti sering mendengar bahwa ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi susu untuk ibu hamil selama kehamilan. Ini karena selama hamil, wanita juga membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk membantu lancarnya kehamilan. Masalahnya adalah, bagaimana cara memilih susu ibu hamil yang tepat?

Cara Memilih Susu untuk Ibu Hamil

Di Indonesia sendiri, sudah begitu banyak jenis dan merek susu untuk ibu hamil. Anda bisa melihatnya di supermarket atau juga iklan yang muncul di TV. Jadi bingung ya mau memilih yang mana yang cocok dengan kebutuhan Anda? Nah, agar tidak bingung, ikutilah beberapa tips di bawah ini.

  • Jenis

Ibu hamil disarankan untuk minum susu yang sudah dipasteurisasi. Susu jenis ini sudah dengan mudah ditemukan di supermarket dan toko-toko. Cek lagi susu yang Anda beli apakah sudah diberi label pasteurisasi atau tidak. Karena kalau tidak, Anda berarti harus merebusnya dulu.

Mengapa harus dipasteurisasi? Susu yang tidak melalui proses pasteurisasi ternyata mengandung Listeria, sebuah bakteri yang bisa mengancam keselamatan bayi. Anda bisa mengalami keguguran, bayi lahir dalam keadaan mati atau malah bayi lahir langsung sakit keras. Susu domba atau kambing juga termasuk yang harus dihindari.

  • Kandungan

Susu yang baik untuk ibu hamil sebaiknya memiliki 5 kandungan zat yaitu kalsium, vitamin D, DHA, asam folat dan juga zat besi. 5 jenis zat atau kandungan ini sangat penting untuk membantu kehamilan. Banyak sekali manfaat yang bisa dicapai jika susu yang Anda konsumsi memiliki kelima kandungan ini, misalnya kebutuhan kalsium untuk tulang Anda dan janin terpenuhi, mengurangi risiko multiple sclerosis pada bayi (dari vitamin D), membantu perkembangan otak janin dan IQ (dari DHA atau asam lemak esensial), mencegah bayi lahir dengan cacat (dari asam folat) dan juga membentuk sel darah merah (dari zat besi).

  • Rasa

Rasa memang masalah selera. Ibu hamil satu mungkin cocok dengan merek A, sedangkan lainnya cocok dengan merek B. Ini semua tergantung Anda dan selera Anda masing-masing. Mengapa rasa juga menjadi hal yang penting untuk memilih susu ibu hamil?

Dengan menyukai rasa dari susu ibu hamil, tentu Anda akan rajin dan semangat untuk meminumnya. Terlebih, ibu hamil sering mengalami mual yang bisa diakibatkan karena susu juga. Nah, pilihlah susu dengan rasa yang menurut Anda paling enak.

Nah, itu dia hal-hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan memilih susu yang tepat untuk ibu hamil. Ingat ya, susu hanyalah tambahan, yang paling penting adalah mendapatkan nutrisi dari makanan. Jangan lupa juga untuk mengonsultasikan kehamilan pada dokter kandungan Anda.

 

BFI15040201

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY