Tips Memilih Mainan Bayi 4 Bulan

Tips Memilih Mainan Bayi 4 Bulan

182
0
SHARE
Source : ebay.com.au

KabarFemale – Saat bayi berusia 4 bulan, ini adalah masa di mana bayi sudah bisa menggerak-gerakkan tangannya dengan lebih aktif dibanding usia sebelumnya. Bahkan saat ini mungkin bayi sudah belajar untuk menggapai dan memegang mainan yang ada di sekitarnya. Nah, sebagai orang tua Anda harus jeli memilih mainan bayi 4 bulan yang tepat karena mainan akan menjadi sarana pembelajaran untuknya.

Ini dia beberapa tips yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih mainan bayi 4 bulan :

– Pilih mainan yang mengeluarkan bunyi. Mainan bayi 4 bulan yang bisa Anda pilih adalah yang mengeluarkan bunyi. Ini akan memicu si kecil untuk mencari suara dari mainan tersebut dan mencoba meraihnya. Selain bagus untuk motorik, ini juga bagus untuk menstimulasi pendengarannya.

– Gantungkan mainan di ranjang bayi. Anda bisa memilih mainan dengan berat yang ringan lalu ikatkan pada ranjang bayi. Pastikan mainan tersebut tidak akan jatuh walau ranjang bergoyang ketika bayi aktif bergerak.

– Beri mainan bentuk bola. Mainan bola tidak hanya untuk bayi laki-laki, tapi boleh juga diberikan untuk bayi perempuan. Pilihlah bola yang berwarna-warni agar bayi tertarik untuk memainkannya. Pilih juga ukuran yang lebih besar agar terhindar dari kejadian tersedak atau tertelan.

– Berikan mainan yang diikatkan di tangan dan kaki. Bentuknya mirip dengan kaos kaki tapi bisa dimainkan oleh bayi dengan aman. Pilih mainan dengan warna yang mencolok agar bayi tertarik untuk memainkannya.

– Mainan yang bisa bergerak. Saat ini bayi sudah mulai belajar untuk merangkak, walau belum terlalu sempurna. Anda bisa melatihnya dengan memberikan mainan yang bisa bergerak sehingga Anda bisa menariknya dan bayi akan terpacu untuk meraihnya.

– Cermin mainan. Cermin mainan dengan bahan plastik sangat direkomendasikan untuk diberikan pada bayi usia 4 bulan. Cermin ini akan menjadi sarana untuk si kecil mulai mengenali dirinya sendiri dengan melihat bayangan dirinya di dalam cermin. Si kecil mungkin akan mulai menunjukkan mimik muka lucu dan tertawa karenanya.

– Selalu bersihkan mainan sebelum dan sesudah dimainkan. Saat ini bayi mungkin gemar mengemut dan memasukkan apa saja benda di sekitarnya, termasuk mainan. Nah, untuk menghindari masuknya bakteri dan kuman, Anda harus membersihkan mainan yang ada dengan tisu basah khusus bayi saat sebelum dan sesudah mainan diberikan untuk bayi.

BFI15040277

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY