Tips Memilih Mainan Anak Perempuan

Tips Memilih Mainan Anak Perempuan

254
0
SHARE
Source : hdwallpapersimages.com

KabarFemale – Memilih mainan anak perempuan bukanlah hal yang sulit. Biasanya, anak perempuan identik dengan boneka dan mainan masak-masakan. Tapi apakah orang tua bisa begitu saja memberikan mainan jenis tersebut kepada anak perempuan? Mari kita bahas tips memilihnya agar Anda tidak hanya memberi mainan yang menghibur tapi juga mengedukasi.

Tentang Mainan Anak Perempuan

Menurut American Academy of Familu Physicians dan juga American Academy of Pediatrics, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika memilih mainan untuk anak, termasuk untuk mainan anak perempuan, di antaranya :

– Sesuaikan dengan usia. Dengan melihat apa yang ada di label mainan yang akan Anda beli, Anda akan tahu untuk usia berapa mainan tersebut diperuntukkan. Dengan begitu, Anda akan memberikan mainan yang pas dengan usianya.

­- Ukuran mainan. Sebaiknya pilih mainan yang ukurannya lebih besar daripada mulut si kecil. Ini untuk menghindari terjadinya insiden tersedak atau tertelan ketika si kecil bermain dengan mainannya.

– Bentuk mainan. Ada baiknya jika Anda menghindari mainan dengan bentuk atau sudut yang tajam. Selain dapat melukai si kecil ketika bermain, mainan tersebut juga bisa melukai teman bermainnya.

– Washable. Pilihlah mainan yang mudah untuk dicuci, jadi Anda dengan mudah bisa mencucinya kapanpun demi menghindari masuknya bakteri dan kuman ke mulut si kecil.

– Tali mainan. Lebih baik tidak membelikan dan memberikan mainan dengan tali yang panjang. Terlebih jika panjangnya lebih dari 30 cm. Tali ini bisa berbahaya untuk si kecil. Dia bisa terlilit, terikat dengan tidak sengaja dan kejadian membahayakan lainnya.

– Hindari memberikan mainan yang mengandung tembakan. Sekalipun materi dari mainan tersebut aman, si kecil masih beresiko mengalami luka atau cedera ketika memainkannya. Pilih mainan yang aman dan mengedukasi saja.

– Perhatikan materi atau komponen mainan. Sekarang ini banyak sekali mainan terjangkau yang terbuat dari bahan atau materi yang bisa membahayakan kesehatan si kecil. Ada baiknya jika Anda mengecek apakah mainan tersebut mengandung bahan kimia atau tidak.

Memilih mainan untuk anak memang menyenangkan apalagi jika langsung membawa si kecil ke toko mainan. Jangan langsung membelikan apa yang dia mau, lihat, teliti dan putuskan apakah Anda akan membeli mainan tersebut atau tidak. Boleh juga mengikuti tips yang sudah kami berikan di atas.
BFI15040215

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY