Tips Kesehatan Wanita: Olahraga Setelah Melahirkan

Tips Kesehatan Wanita: Olahraga Setelah Melahirkan

209
0
SHARE
Source: shutterstock

KabarFemale—Kehamilan memang jadi hal mengagumkan, tapi juga menantang yang jadi bagian dari kehidupan wanita. Tubuh Anda mengalami perubahan, begitu juga dengan hidup Anda. Ibu manapun akan berpendapat kehamilan lebih banyak manfaaat positif dibanding negatifnya. Tapi kini setelah si kecil lahir Anda menghadapi banyak tantangan baru, salah satunya adalah berat badan yang berlebih setelah melahirkan. Anda juga punya jadwal yang sibuk, kurang tidur dan kondisi emosi yang turun-naik. Tips kesehatan wanita berikut akan membantu Anda.

Baca juga Ipanema Sandal Santai untuk ibu hamil

Tips kesehatan wanita: gerakan olahraga yang aman setelah melahirkan

Meski olahraga jadi hal terakhir yang ingin Anda lakukan, bergerak aktif di 6 minggu pertama jadi hal yang sangat membantu secara fisik dan mental. Tips kesehatan wanita menyebutkan kalau olahraga paling penting di beberapa hari pertama setelah melahirkan adalah latihan dasar panggul (Kegels). Anda bisa mulai lakukan ini sesegera mungkin karena aman baik bagi ibu yang melahirkan secara alami maupun melalui bedah sesar.

Setelah merasa siap, Anda bisa mulai berjalan kaki bersama bayi di kereta bayinya. Mulai dengan 10 menit jalan kaki dan tingkatkan. Dengan meyertakan bayi, Anda lebih mungkin bisa melakukannya. Anda menciptakan rutinitas baru di hidup Anda, membuat olahraga jadi bagian keseharian seiring perjalanan Anda menjadi seorang ibu.

Setelah pemeriksaan 6 minggu, bila mendapat izin dari dokter (melahirkan melalui bedah sesar akan butuh waktu lebih lama sebelum Anda boleh berolahraga) Anda bisa mulai meningkatkan latihan dengan melakukan kardio selama 20 hingga 30 menit, 3 hingga 5 kali dalam satu minggu. Latihan berat yang ringan akan meningkatkan metabolisme dan membuat Anda kembali ke berat badan sebelum hamil serta jadi ibu yang bugar. Jangan berhenti lakukan latihan dasar panggul setiap hari dan pastikan fokus pada latihan perut agar perut Anda kembali datar.

Berikut tips kesehatan wanita untuk gerakan memperkuat otot pungung yang juga baik untuk perut dan membakar kalori:
– Mengangkat kepala. Berbaring telentang dengan lengan di sisi. Punggung menempel di lantai, tekuk lutut dengan telapak kaki datar di lantai. Perut rileks ketika menarik nafas. Ketika mengeluarkan nafas, perlahan angkat kepala dan leher menjauh dari lantai. Tarik nafas ketika kepala turun.
– Mengangkat bahu. Dengan posisi yang sama. Tarik nafas dan perut rileks. Ketika mengeluarkan nafas, naikkan kepala dan bahu menjauh dari lantai, lengan dan tangan mengarah ke lutut. Bila leher terasa tegang, letakkan dua tangan di belakang kepala tapi jangan tarik ke leher. Tarik nafas ketika menrendahkan kepala dan bahu kembali ke posisi awal.

Baca juga Sepatu Vans Untuk Olahraga

AFI150901(3)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY